Berkat Indonesia, Popularitas Shin Tae-yong Cuma Kalah dari Son Heung-min

BACA JUGA

Football5star.com Indonesia – Pelatih asal Korea Selatan (Korsel), Shin Tae-yong mulai meraup popularitas luar biasa sejak menjadi pelatih timnas Indonesia. Kini, ketenaran dia di lingkup pelaku sepak bola Korsel di media sosial bahkan cuma kalah dari bintang klub Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Tercatat hingga Selasa (13/9/2022), pengikut instagram pribadi Shin Tae-yong sudah menembus 1,1 juta. Angka itu terbilang cukup luar biasa mengingat pelatih yang akrab disebut STY itu baru membuat akun instagram pribadi pada Januari 2021.

Shin Tae-yong Panggil 23 Pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 - Timnas U-20 Indonesia 2 (PSSI)
PSSI
- Advertisement -

Namun, popularitas mantan pelatih timnas Korsel pada Piala Dunia 2016 itu sejatinya sudah berkembang pesat, khususnya di kalangan pencinta sepak bola Indonesia. Sejak menanganti Skuat Garuda sejak 2020, STY dinilai mampu memberi dampak positif.

Level ketenaran STY pun kian meluas tak cuma di kalangan insan sepak bola. Dia bahkan sempat diundang ke podcast milik pesohor di tanah air, Deddy Corbuzier, dengan penonton menembus 10 juta di youtube. DIa juga diundang menemui Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraan ke Korsel beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

STY juga beberapa kali dipercaya membintangi sejumlah produk iklan seperti kopi, makanan, hingga Hyundai Motor Indonesia. Tak heran, media Korsel pun kerap menyorot sepak terjangnya di sepak bola Indonesia.

Shin Tae-yong Bocorkan Pembicaraan dengan Presiden Jokowi
Instagram Shin Tae-yong

Pengikut Instagram Shin Tae-yong Melebihi Banyak Pesepak Bola Korsel

Termasuk Insight.co.kr, yang menulis tentang popularitas Shin Tae-yong di antara para pelaku sepak bola Korsel. Hingga saat ini, STY cuma kalah populer dibanding Son Heung-min (7,6 juta) yang baru saja menyabet gelar top skorer Liga Inggris pada musim 2021-22.

- Advertisement -

Sementara di antara para pelaku sepak bola Korsel lain, khususnya pemain, STY unggul jauh. Sebut saja bek anyar Napoli, Kim Min-jae, yang masih memiliki pengkut instagram sebesar 540.000. Lalu Lee Kang-in dengan 220.000 followers, Hwang Hee-chan 200.000, serta Hwang Eui-jo 150.000.

Son Heung-min santai saja soal kegagalannya mencetak gol hingga saat ini.
Getty Images

Di kalangan pesepak bola domestik Korsel, pengikut tertinggi dimiliki Jeong Seung-won dengan 560.000 followers, Lee Seung-woo dengan 300.000, Ki Seong-yong 40.000, dan Jo Hyun-woo 30.000.

Sayangnya, popularitas Shin Tae-yong di media sosial belum berbanding lurus dengan prestasinya bersama timnas Indonesia. Hingga saat ini, dia urung membawa timnas berbagai level usia menjadi juara.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img