Prancis Menang, Hugo Lloris Tumbangkan Rekor Fabien Barthez

BACA JUGA

gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah catatan apik dibuat Hugo Lloris saat timnas Prancis menang di kandang Swedia pada ajang UEFA Nations League, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB. Kiper berumur 33 tahun itu mampu mematahkan rekor milik Fabien Barthez yang telah bertahan 14 tahun.

Rekor yang dipatahkan Lloris adalah jumlah clean sheet bersama timnas Prancis. Kemenangan 1-0 Les Bleus yang dibukukan atas Swedia menjadi clean sheet ke-52 bagi kiper Tottenham Hotspur tersebut. Itu melewati koleksi 51 clean sheet milik Barthez sepanjang memperkuat Les Bleus dari 1994 hingga 2006.

- Advertisement -

Meskipun demikian, bila dibandingkan, Lloris tak bisa dikatakan lebih baik dari Barthez. Pasalnya, dia butuh 115 pertandingan untuk membukukan 52 clean sheet. Artinya, rasio clean sheet-nya bersama timnas Prancis hanya 45,22%.

Sementara itu, Barthez membukukan 51 clean sheet dari 87 caps bersama timnas Prancis. Rasio clean sheet-nya jauh di atas Lloris, yakni 58,62%. Dia pun hanya kebobolan 51 gol atau hanya 0,59 gol per laga. Sementara itu, sang penerus di bawah gawang Les Bleus kebobolan 0,8 gol per laga.

Lloris Dekati Caps Desailly

- Advertisement -

Di samping melewati rekor tak kebobolan milik Fabien Barthez, ada satu catatan lain yang dibuat Hugo Lloris pada lawatan timnas Prancis ke Swedia. Tampil penuh selama 90 menit, eks kiper Olympique Lyon itu kian mendekati 3-besar pemilik caps terbanyak Les Bleus.

Telah mengantongi 115 caps, Lloris hanya terpaut satu pertandingan lagi dari Marcel Desailly. Dia berpeluang besar menyamai Desailly saat timnas Prancis menjamu Kroasia pada Rabu (9/9/2020) dini hari WIB. Pelatih Didier Deschamps sepertinya tak akan berjudi dengan mencadangkan sang kapten pada laga tersebut.

- Advertisement -

Lalu, siapa pemain dengan caps terbanyak di timnas Prancis? Dia adalah bek legendaris seangkatan Desailly, yakni Lilian Thuram. Sepanjang kariernya, Thuram tampil 142 kali untuk Les Bleus. Adapun posisi kedua ditempati striker legendaris Arsenal, Thierry Henry, dengan 123 caps.

Mengingat statusnya sebagai kapten dan kiper andalan Deschamps, Hugo Lloris berpotensi menyamai atau bahkan melewati caps Henry. Hanya terpaut 7 caps, dia dapat melakukan itu pada tahun depan andai tak sekali pun absen membela Prancis.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img