Presiden FAM Bentuk Badan Independen untuk Analisis Kegagalan di Piala AFF 2020

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) membentuk badan independen untuk menginvestigasi kegagalan timnas Malaysia di Piala AFF 2020. Hal itu diumumkan Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, Jumat (7/1/2022). Badan independen itu akan diketuai Datuk Dell Akbar Khan.

Setelah dilantik sebagai ketua badan independen tersebut, Dell diberi kuasa penuh untuk menentukan anggota timnya dari luar FAM. “Badan ini akan berisi para mantan pemain dan pelatih yang tak punya posisi ataupun jadi anggota komisi di FAM,” kata Hamidin seperti dikutip Football5Star.com dari Berita Harian.

Datuk Dell Akbar Khan dipercaya Presiden FAM memimpin badan independen untuk menginvestigasi kegagalan di Piala AFF 2020.
nst.com.my
- Advertisement -

Tugas utama badan independen yang dipimpin Dell adalah menganalisis semua laporan dari staf kepelatihan dan manajemen Harimau Malaya mengenai performa selama di Piala AFF 2020. Laporan itu sudah berada di Sekretariat FAM. Hamidin berharap ada hasil bagus untuk perbaikan ke depan.

“Hasil investigasi yang dilakukan oleh badan independen ini nantinya akan dipresentasikan oleh Datuk Dell Akbar berikut saran-saran perbaikannya. Semuanya kemudian akan didiskusikan oleh Komite Tim Nasional FAM,” ujar Hamidin yang menjabat Presiden FAM sejak 2018.

Presiden FAM Diminta Ikuti Tan Cheng Hoe

- Advertisement -

Putusan Presiden FAM melakukan investigasi khusus tak terlepas dari kekecewaan besar atas kegagalan timnas Malaysia. Pasalnya, Baddrol Bakhtiar cs. sejatinya dipatok target setidaknya lolos ke final pada gelaran Piala AFF 2020. Namun, tim asuhan Tan Cheng Hoe malah terjungkal pada fase grup.

Di Singapura, Harimau Malaya memulai langkah dengan apik. Safawi Rasid dkk. menang 3-1 atas Kamboja dan menggasak Laos 4-0. Namun, mereka lantas terpuruk pada dua laga berikutnya. Harimau Malaya kalah 0-3 dari Vietnam, sang juara bertahan. Lalu, takluk 1-4 dari Indonesia pada partai hidup atau mati.

Para pendukung timnas Malaysia menilai Presiden FAM seharusnya bertanggung jawab seperti yaang ditunjukkan Tan Cheng Hoe.
Getty Images
- Advertisement -

Kegagalan di Piala AFF 2020 telah membuat Tan Cheng Hoe meletakkan jabatan pelatih timnas Malaysia. Namun, publik sepak bola Malaysia menilai sang pelatih bukanlah sosok yang patut memikul semua tanggung jawab. Mereka juga meminta para pejabat FAM, termasuk Datuk Hamidin Mohd Amin, ikut mundur.

Hal yang membuat para pendukung timnas Malaysia berang, ada dugaan Tan Cheng Hoe direcoki oleh oknum di FAM dalam menangani Baddrol Bakhtiar cs. Mereka menyebutnya sebagai tangan gaib. Mereka yakin siapa pun pelatih baru nanti tak akan sukses bila tangan gaib itu masih ada.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img