PSSI Bicara Soal Naturalisasi Kevin Diks, Susul Marc Klok?

BACA JUGA

PSSI Bicara Soal Naturalisasi Kevin Diks, Susul Marc Klok? 3

Football5Star.com, Indonesia – PSSI buka suara soal Kevin Diks dan Sandy Walsh yang bisa saja menyusul Marc Klok yang resmi jadi pemain naturalisasi. Saat ini memang PSSI mengaku terus membuka komunikasi dengan dua pemain itu.

Seperti diketahui, beberapa kali, pemain Fiorentina yang kini dipinjamkan ke Aarhus itu memang mengutarakan niatnya membela Timnas Indonesia. PSSI dalam laman resminya sempat menyebut kalau Diks akan sulit membela Timnas Indonesia karena sebelummya pernah main untuk Belanda U-21 di Piala Eropa U-21.

- Advertisement -

Demikian pula dengan Sandy Walsh. Lantas saat ini bagaimana perkembangan keduanya? Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut kalau sampai saat ini memang belum ada rencana menaturalisasi kedua pemain tersebut.

Lamaran PSSI Ditolak Pemain Keturunan Indonesia, Lebih Pilih Belanda Dua Klub Liga 1 Ini Bakal Wakili Indonesia Kompetisi Asia? Football5Star.com, Indonesia - PSSI buka suara soal wakil Indonesia pada kompetisi Asia musim depan. Ada kemungkinan besar dua klub, yakni PSM Makassar dan Bali United akan ditunjuk mewakili Liga 1. Seperti diketahui, memang PSSI harus segera menyetor klub-klub yang akan maju bertarung pada kompetisi Benua Kuning. Harusnya, wakil yang akan ke sana adalah yang tampil istimewa pada Liga 1 2020. Akan tetapi, diketahui kalau Liga 1 2020 juga nasibnya masih belum jelas. Kompetisi sepak bola Indonesia itu direncanakan baru akan berlanjut pada Februari 2021. Hal itu jelas bikin PSSI harus berkoordinasi dahulu untuk menentukan dua slot yang akan mewakili Indonesia di pentas Asia. "AFC meminta batas waktu penyampaian tentang itu (perwakilan klub) tanggal 22 Desember 2020. Nanti akan diputuskan lagi dalam rapat Exco," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, saat dihubungi awak media. Bali United yang berstatus juara Liga 1 2019 dan PSM Makassar sebagai kampiun Piala Indonesia besar kemungkinan akan ditunjuk. Karena, bukan kali ini saja Indonesia menunjuk wakil dari juara musim lalu. Saat kompetisi Indonesia vakum 2016 lalu, PSSI sempat menunjuk Persib Bandung dan Persipura Jayapura di AFC Cup 2017. Namun, karena keteledoran PSSI yang terlambat mendaftarkan keduanya kala itu, alhasil Indonesia tanpa wakil pada kompetisi Asia. Hal ini jelas harus menjadi pelajaran PSSI. Berhubung kompetisi juga belum bisa lanjut, besar kemungkinan Bali United dan PSM yang akan kembali mentas di Asia. Apalagi, keduanya gagal menyelesaikan kompetisi musim 2020 karena dihentikan AFC akibat pandemi COVID-19. Liga 1 2020 Dilanjutkan Februari, Pakai Format Baru?

“Belum, belum. Masih proses komunikasi sama mereka. Semua akan dilihat oleh tim, siapapun mereka, masuk ke radar tim, harus tatap muka, dan latihan langsung,” kata Yunus Nusi saat dihubungi Football5Star.

Yunus Nusi menyebut kalau PSSI pun akan siap membantu naturalisasi Kevin Diks atau Sandy Walsh andai ada permintaan dari Shin Tae-yong. Tapi, sebelum itu pelatih asal Korea Selatan tersebut memang harus melihat dahulu kemampuan keduanya.

“Shin Tae-yong harus lihat langsung kemampuan mereka. Baru nanti PSSI memproses (naturalisasinya),” tutup Yunus.

Beberapa waktu lalu, Diks menyebut kalau memang harus PSSI yang mengurus proses naturalisasinya. “Bukan Sandy Walsh atau saya yang yang harus melakukan pendekatan (ke pemerintah), tapi PSSI yang melakukan prosesnya. Bukan saya yang harus datang ke PSSI. Kami berdua tertarik, dan kami menunggu apa yang akan terjadi,” ungkap Kevin Diks dikutip dari Goal.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img