PT LIB Sebenarnya Mau Tanggung Akomodasi Persipura Jayapura di Piala Menpora

BACA JUGA

PT LIB Sebenarnya Mau Tanggung Akomodasi Persipura Jayapura di Piala Menpora 4

Football5Star.com, Indonesia – PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelaskan secara gamblang kronologi Persipura Jayapura memutuskan untuk mundur dari Piala Menpora 2021. Mereka mengaku sebenarnya mau tanggung akomodasi Persipura main di Piala Menpora.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketum Persipura, Benhur Tomi Mano, memang melancarkan kritikan pedas kepada PSSI dan PT LIB. Mereka menyorot panitia Piala Menpora tak serius dan selalu menganaktirikan timnya.

- Advertisement -

Hingga akhirnya, Persipura Jayapura memutuskan tak ikut dalam turnamen pramusim Liga 1 2021 itu. PT LIB pun buka suara terkait ini. Mereka mengakui ada kesalahan komunikasi karena telat merespons permintaan Persipura.

Dalam laman resmi PSSI, PT LIB menjelaskan secara gamblang duduk permasalahannya. Persipura disebut mengirim surat tertanggal 24 Februari 2021 dan bernomor 004/PT.PP/II/2021. Isi surat itu soal permintaan kejelasan terkait Piala Menpora 2021.

Persipura - Liga 1 2020 - Jacksen F Tiago - @persipurapapua1963 2
instagram.com/persipurapapua1963

Pertama menanyakan terkait grup dan penempatan peserta yang dilakukan dengan metode atau cara seperti apa. Kemudian, kedua pencatuman nominal hadiah bagi juara sebagai dasar keterbukaan. Lalu bantuan biaya transportasi buat klub sebesar Rp 100 juta disebut Persipura sangat jauh dari harapan. Mereka menghitung setidaknya akan keluar uang Rp 320 juta untuk pergi pulang.

“Untuk itu, terkait bantuan transportasi kami menawarkan 2 opsi kepada OC, yaitu memenuhi kebutuhan biaya tersebut (Rp 320.000.000) atau membelikan tiket serta membayar bagasi kami,” bunyi surat Persipura pada poin ketiga.

Menindaklanjuti surat tersebut, 1 Maret 2021, OC memberikan jawaban pada surat yang bernomor 006/LIB-COR/III/2021. Surat itu menjelaskan bahwa biaya transportasi yang akan diterima Persipura menjadi Rp 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah).

“Ada pun pertimbangan biaya tersebut disesuaikan dengan memperhatikan faktor geografis klub serta kondisi keuangan panitia pelaksana,” bunyi surat resmi OC pada tanggal tersebut.

Panitia Piala Presiden juga mengirim surat kepada seua klub dengan menjelaskan pembagian grup semua peserta akan dilakukan secara drawing dan lain-lain. Surat itu diklaim sekaligus menjawab dari pertanyaan kubu Persipura Jayapura.

Ada Keterlambatan

LIB kemudian menginformasikan bahwa ada jeda empat hari untuk membalas surat dari Persipura tersebut (terhitung tanggal 25-28 Februari). Hal itu karena harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan PSSI terkait jawaban yang harus diberikan kepada Persipura.

Sementara itu, pada 27-28 Februari adalah hari Sabtu-Minggu yang merupakan hari libur. Lantas 5 Maret, panitia mengirimkan surat kepada Persipura untuk mengikuti manajer meeting dan drawing yang akan digelar pada 8 Maret 2021. Kemudian tertanggal 8 Maret Persipura mengirimkan konfirmasi lewat surat yang bernomor 009/PT.PP/III/2021 dan menjelaskan tidak dapat mengikuti Piala Menpora 2021.

“Hal tersebut berkaitan dengan keterlambatan OC Piala Menpora 2021 dalam menanggapi beberapa hal yang kami anggap penting untuk memutuskan keikutsertaan kami dalam Piala Menpora 2021,” bunyi surat balasan tersebut.

Ketum PSSI: Jangan Sampai Piala Menpora 2021 Tercoreng!

8 Maret 2021, OC menggelar rapat antarmanajer tanpa Persipura dan tetap melakukan drawing. Untuk agenda drawing tetap mencamtumkan Persipura. Hal itu sambil berharap Persipura Jayapura mengubah keputusan dan hadir di Piala Menpora 2021.

Setelah itu, pada 9 Maret 2021, OC berkirim surat ke Persipura dengan nomor 041 /LIB-COR/III/2021. Isi surat itu tentang permohonan maaf dan harapan keikutsertaan Persipura dalam turnamen Piala Menpora 2021.

Dalam surat tersebut dijelaskan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Persipura perihal keterlambatan OC dalam memberikan jawaban kepada klub. Hal ini bukan kesengajaan, melainkan OC secara internal membutuhkan koordinasi terkait kebijakan yang perlu diambil dalam menentukan langkah terkait permohonan dari Persipura.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img