Dua Pemain Muda Belanda Belum Pasti Dinaturalisasi PSSI

BACA JUGA

Football5star.com Indonesia – Dua pemain muda Belanda, Rafael Struick dan Zico Jamal Soree, ternyata belum pasti dinaturalisasi oleh PSSI. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan bahwa keduanya masih dalam tahap evaluasi untuk menguji kelayakan membela timnas U-20 Indonesia.

Padahal, keduanya sudah ikut serta dalam pemusatan latihan (TC) timnas U-20 Indonesia di Eropa. Bahkan, Struick dan Zico pun sudah dimainkan oleh pelatih Shin Tae-yong (STY) pada empat uji tanding di Spanyol.

Rafael Struick: Sangat Bangga Cetak Gol untuk Negara Menakjubkan Ini
PSSI
- Advertisement -

Namun, soal apakah keduanya akan diproses untuk mendapatkan paspor Indonesia, hal itu belum mendapat kepastian. Indra menegaskan, proses naturalisasi bisa dilaksanakan jika sudah mendapat lampu hijau dari STY.

“Kami masih menunggu surat dari Shin, apakah Rafael dan Zico itu oke atau tidak. Kalau oke, PSSI akan menindaklanjutinya,” ujar Indra, seperti dikutip Football5star.com dari Antaranews.

Timnas U-20 Indonesia vs Slowakia, TC di Spanyol, Zico Jamai Soree - PSSI
PSSI

Rafael Struick dan Zico Jamal Soree Beda dengan Ivar Jenner dan Justin Hubner

- Advertisement -

Indra Sjafri melanjutkan, jika STY menilai kedua pemain berusia 19 tahun tersebut cocok untuk timnas U-20 Indonesia, PSSI akan membantu proses pewarganegaraan. Hal itu sudah dilakukan terhadap Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Ivar dan Justin telah berkunjung ke Indonesia untuk menunaikan beberapa proses agar menjadi WNI. “Kalau dua pemain itu (Ivar dan Justin) sudah diurus (naturalisasinya),” tutur Indra menambahkan.

Ivar Jenner dan Justin Hubner, calon pemain naturalisasi timna U-20 Indonesia - PSSI
PSSI
- Advertisement -

Zico Jamal Soree merupakan penyerang yang kini bermain untuk tim U-21 PEC Zwolle di Belanda. Sementara, Rafael Struick adalah pemain sayap klub ADO Den Haag, tim yang berkompetisi di liga kasta kedua di Belanda.

Mereka bergabung dalam TC timnas U-20 mulai 19 November 2022 di Spanyol, dan dilibatkan dalam empat laga uji coba. Laga-laga uji tanding di Spanyol menjadi persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, Indonesia lebih dahulu menjalani TC di Turki. Selama di Turki pada 16 Oktober-13 November 2022, skuat Garuda Nusantara melakukan tujuh uji tanding, tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img