Ragam Catatan Menarik Paruh Musim Liga 1 2018

BACA JUGA

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Liga 1 2018 kini telah menyeleseaikan paruh musim dengan Persib Bandung yang berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (26/7/2018). Berbagai catatan juga mewarnai jalannya kasta tertinggi sepak bola di Indonesia tersebut selama 17 pertandingan.

- Advertisement -

Merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Liga-Indonesia.id, ada 313 gol yang tercipta selama 17 pertandingan tersebut. Barito Putera menjadi klub yang paling banyak menciptakan gol yaitu 30 gol selama paruh musim Liga 1.

Meski menjadi klub yang mencetak gol terbanyak di paruh musim, uniknya tak ada satu pun pemain asal Barito Putra yang masuk dalam daftar lima pencetak gol terbanyak. Top skorer saat ini justru dipegang oleh Penyerang Persib, Ezechiel N’Douassel dengan 13 gol.

- Advertisement -

Barito Putera justru menyumbangkan pemain dengan jumlah operan terbanyak. Matias Jesus Cordoba berhasil membuat 793 umpan dalam 17 pertandingan, meski hanya dua yang berbuah assist.

Soal barisan penjaga gawang, tercatat ada 616 kali penyelamatan yang terjadi selama paruh musim. Kiper Mitra Kukar menjadi yang terbanyak dengan melakukannya sebanyak 44 kali dalam 14 pertandingan.

- Advertisement -

Catatan unik terdapat pada daftar lima kiper dengan penyelamatan terbanyak selama paruh musim. Hanya Bhayangkara FC yang merupakan penghuni klasemen empat besar yang kipernya yaitu Awan Setho Rahardjo masuk dalam daftar tersebut.

Fakta lainnya adalah hanya ada 19 kartu merah yang keluar selama 306 pertandingan yang berlangsung selama paruh musim. Sedangkan kartu kuning yang keluar justru mencapai angka 410 atau dengan rata-rata 1,3 kartu kuning keluar tiap pertandingan.

Tak hanya itu, Liga 1 2018 kini juga mengalami kenaikan dalam jumlah penonton yang hadir langsung ke stadion. Tercatat, ada 1.041.572 penonton yang menyaksikan langsung Liga 1 selama putaran pertama.

Menurut rilis yang dikeluarkan oleh operator kompetis yaitu PT Liga Baru Indonesia (LIB), Persebaya menjadi klub dengan jumlah penonton terbanyak saat laga kandang. Total hingga pertandingan melawan Persib, ada 248.878 penonton yang menyaksikan laga Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo.

Persib Berjaya, Klub Promosi Merana

Persib berhasil keluar sebagai juara paruh musim Liga 1 setelah mengantongi 29 poin dari 17 pertandingan. Klub besutan Mario Gomez tersebut berada satu tingkat di atas Barito Putera yang hanya memiliki poin 28.

Keberhasilan Persib bisa dilihat dari jumlah kemenangan mereka yang mencapai tujuh kali dari 17 laga. Meski sama dengan dua klub di bawah mereka, namun Maung Bandung lebih baik dalam hal pertahanan. Bersama Perseru, mereka menjadi klub yang paling sedikit kebobolan selama paruh musim yaitu 16.

Catatan minor ditujukan kepada dua klub promosi yaitu PSIS Semarang dan PSMS Medan. Kedua klub tersebut gagal bersaing dan bertengger di klasemen bawah Liga 1.

PSMS ada di jurang klasemen dengan menelan 11 kekalahan serta hanya menang enam kali. Catatan itu diperburuk dengan jumlah kebobolan mereka yang mencapai 31 gol dan menjadi terbanyak di paruh musim.

Sedangkan PSIS berada di posisi ke-16 dengan satu poin lebih baik ketimbang PSMS. Meski gagal bersaing, Mahesa Jenar (julukan PSIS) sukses menutup paruh musim dengan mengalahkan klub promosi lainnya, Persebaya dengan skor 1-0, beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img