Rekam Jejak NK Dugopolje dan Makedonia Utara Bina Pemain Muda

BACA JUGA

gamespool
Rekam Jejak NK Dugopolje dan Makedonia Utara Bina Pemain Muda 4

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-19 akan kembali menjalani uji coba internasional di bulan Oktober. Uji coba ini merupakan bagian dari program pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Kroasia. Tim Garuda Muda dipastikan akan melawan klub kasta kedua Liga Kroasia, NK Dugopolje dan tim Makedonia Utara.

NK Dugopolje merupakan klub gurem di Liga Kroasia. Klub ini berdiri pada 30 November 1951. Artinya klub ini termasuk klub tua di Liga Kroasia. Pada awal berdirinya, klub ini bernama NK Proleter.

- Advertisement -

Sayangnya meski sudah cukup lama berdiri, NK Dugopolje masih berkutat di kasta kedua Liga Kroasia. Prestasi terbaik dari klub ini hanya menjadi juara 2.NHL 2011-2012. Bahkan dalam rentang waktu 14 tahun terakhir, klub ini pernah selama lima musim bermain di kasta ketiga Liga Kroasia.

Rekam Jejak NK Dugopolje dan Makedonia Utara Bina Pemain Muda
dugopolje.org

NK Dugopolje baru bisa kembali bermain di 2.NHL pada musim 2010-11. Meski berstatus klub kecil, NK Dugopolje termasuk klub dari Eropa yang fokus mengembangakn para talenta muda. Tim junior NK Dugopolje termasuk yang memiliki catatan cukup impresif di Kroasia.

Pada 2018 milsanya, tim junior Dugopolje seperti dikutip Football5star.com dari dugopolje.org, Rabu (7/10/2020) keluar sebagai juara kompetisi yang diikuti sejumlah tim kuat Kroasia seperti Dalmatia, Split, Solin, Zadar, Šibenik.

- Advertisement -

“Kami akan berusaha memenangkan tempat di HNL Junior pertama. Keputusan majelis klub adalah kami bisa bermain di kasta tertinggi,” ucap perwakilan Dugopolje.

Tim muda Dugopolje sendiri diasuh oleh mantan pemian mereka sendiri, Mario Smodlaka. Selain menjadi kepala tim muda, Smodlaka yang mantan kiper ini juga sempat melatih tim senior Dugopolje.

Makedonia Utara dan pemain muda

Makedonia Utara adalah salah satu negara dari kawasan Eropa Tengah. Sepak bola di negara ini sudah dkenal cukup lama. Bahkan federasi sepak bola mereka berdiri sejak 1949 meski faktanya Federasi sepak bola Makedonia Utara baru bergabubg ke FIFA pada 1994, di tahun yang sama mereka juga berstatus sebagai anggota UEFA.

Rekam jejak timnas Makedonia memang tak bagus. Mereka hanya tim kecil yang acapkali jadi bulan-bulanan negara kuat di Eropa Barat. Meski begitu, Makedonia menjadi salah satu negara yang memiliki program cukup bagus untuk para pemain muda.

Dikutip dari laman federasi, Makedonia memiliki kompetisi khusus untuk anak-anak. Pada musim ini, pendaftaran tim untuk mengikuti kompetisi ini baru ditutup pada 16 Agustus lalu.

Rekam Jejak NK Dugopolje dan Makedonia Utara Bina Pemain Muda
ffm.mk

Pada musim 2018-19, federasi sepak bola Makedonia Utara mencatat terdapat 48 tim yang mengikuti liga anak-anak FFM. Lebih dari 800 anak-anak dari rentang usia 8-12 tahun berpartisipasi dalam kompetisi yang berlangsung di pusat pelatihan Petar Milosevski.

Pola pembinaan Makedonia Utara untuk pemain muda dilakukan berjenjang dan diwajibkan mengikuti kompetisi untuk mengasah skill dan mental. Bahkan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, pembinaan dan seleksi untuk para pemain muda tetap dilakukan federasi.

Liga FFM yang berlangsung sejak akhir Agustus lalu diterapkan dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Anak-anka yang mengikuti kompetisi ini hanya diperbolehkan ditemani oleh salah satu wali mereka.

“Hanya diperbolehkan satu orang tua/wali untuk menemani para pemain. Sebelum masuk stadion, para pemain akan diperiksa suhu tubuh. Para orang tua/wali diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak 2 meter,” bunyi pernyataan federasi sepak bola Makedonia.

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img