Menguak Rekor Lionel Messi vs Brasil dan Neymar vs Argentina

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Argentina akan bertarung melawan timnas Brasil dalam perebutan gelar juara Copa America 2021 di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB. Pertarungan Lionel Messi dengan Neymar dipastikan jadi sorotan utama pada laga Argentina vs Brasil tersebut.

Pertemuan Messi dengan Neymar pada pentas internasional pun terbilang jarang. Sebelum laga nanti, kedua bintang tersebut baru saling berhadapan sebanyak 4 kali. Rinciannya, tiga kali pada laga persahabatan dan sekali pada Kualifikasi Piala Dunia.

Lionel Messi dan neymar bersua di lapangan untuk kali pertama pada 17 November 2010.
Getty Images
- Advertisement -

Hasil yang diraih Messi dan Ney juga seimbang. Mereka sama-sama meraup dua kemenangan. Sang megabintang Barcelona membawa Argentina menang atas Brasil dalam pertemuan pada 17 November 2010 dan 9 Juni 2012. Sementara itu, Ney membawa Brasil memecundangi Argentina dalam laga pada 11 Oktober 2014 dan 11 November 2016.

Akan tetapi, kontribusi Messi pada empat pertemuan dengan Neymar tersebut lebih menonjol. Buktinya, dia mampu mendulang 4 gol. Dari jumlah itu, 3 gol dilesakkan saat LA Albiceleste menang 4-3 atas Selecao pada 9 Juni 2012. Adapun Neymar hanya mencetak 1 gol dan 2 assist dalam empat pertemuan tersebut.

Rekor Lionel Messi vs Brasil

Sepanjang kariernya, Lionel Messi sudah cukup sering menghadapi timnas Brasil. Dia tercatat telah 11 kali membela timnas Argentina menghadapi seteru utama di Amerika Selatan tersebut. Hasilnya, tidaklah menggembirakan. La Albiceleste hanya meraup 4 kemenangan. Sisanya, 1 kali imbang dan 6 kali kalah.

Dalam 10 pertemuan itu, La Pulga tercatat membukukan 5 gol. Menariknya, La Albiceleste selalu merengkuh kemenangan bila sang megabintang mencetak gol. Pada 17 November 2010 dan 15 Oktober 2019, gol tunggal La Pulga membawa La Albiceleste menang 1-0.

Performa terbaik Messi saat menghadapi Brasil tentu saja saat bersua pada laga persahabatan yang berlangsung di Stadion MetLife, New Jersey, Amerika Serikat. Dia membuat hat-trick pada laga tersebut dan mengantar Argentina menang 4-3. Golnya pada menit ke-85 jadi penentu kemenangan La Albiceleste atas Selecao.

Mencetak hat-trick pada laga superclasico Argentina vs Brasil adalah prestasi tersendiri. Messi adalah pemain terakhir yang mampu melakukannya. Sebelum dia pun hanya ada 8 pemain yang membukukan prestasi tersebut. Mereka adalah Manuel Seoane, Carlos Peucelle, Norberto Mendez, Jose Sanfilippo, Pele, Ze Roberto, Rivaldo, dan Ronaldo.

Rekor Neymar vs Argentina

Jika Messi sudah 11 kali melawan Brasil, Neymar telah 10 kali melawan Argentina. Namun, berbeda dengan La Pulga, rekornya lebih baik. Pasalnya, dia mampu membawa Selecao membukukan 5 kemenangan, 2 kali imbang, dan 3 kali kalah. Artinya, persentase kemenangannya adalah 50%.

Soal kontribusi, pemain yang kini jadi andalan Paris Saint-Germain tersebut juga tak kalah dari La Pulga. Dalam 10 pertandingan melawan La Albiceleste, dia berkontribusi dalam 7 gol Selecao. Rinciannya, dia mencetak 3 gol dan 4 assist. Soal koleksi gol, dia kalah dari La Pulga, tapi justru unggul telah dalam torehan assist.

Seperti halnya Messi, gol-gol Neymar juga bertuah bagi Brasil saat melawan Argentina. Buktinya, setiap dia mencetak gol, Selecao selalu meraih kemenangan. Adapun performa terbaiknya adalah saat Selecao menghadapi La Albiceleste pada 20 September 2012.

Pada laga persahabatan di Goias itu, Neymar jadi sosok sentral. Dia mencetak 1 gol dan 1 assist yang membuat Brasil menang 2-1 atas Argentina. Dia pula sang penentu kemenangan lewat eksekusi penalti pada pengujung laga setelah Leandro Desabato melakukan handball di kotak terlarang.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img