Rekor-Rekor yang Sudah dan Akan Dipecahkan Cristiano Ronaldo pada EURO 2020

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Dua gol yang dibukukan pada laga Portugal vs Prancis, Kamis (24/6) WIB, membawa Cristiano Ronaldo menyamai rekor Ali Daei. Sejauh ini, sejumlah rekor sudah dikoleksi pada EURO 2020. Bahkan, masih ada beberapa rekor elok lain menanti.

- Advertisement -

Meski sama-sama mencetak dua gol bersama penyerang Prancis, Karim Benzema, tapi Cristiano Ronaldo lebih mendapat sorotan. Bagaimana tidak, kini dia sudah mencetak 109 gol bersama timnas Portugal di pentas internasional.

Portugal vs Prancis, Cristiano Ronaldo Karim Benzema - Twitter @EURO2020
Twitter @EURO2020

Torehan itu dicapainya setelah melalui 178 pertandingan bersama Selecao Das Quinas, julukan timnas Portugal. Catatan 109 gol merupakan rekor koleksi terbanyak yang diciptakan seorang pemain di pentas internasional.
Sebelumnya, mantan striker timnas Iran, Ali Daei, lebih dahulu mencapainya dalam 149 caps internasional. Artinya, kini jumlah gol Cristiano Ronaldo sudah menyamai Ali Daei, meski dengan jumlah pertandingan lebih banyak.

Cristiano Ronaldo juga berpeluang besar melewati catatan Ali Daei karena Portugal masih akan tampil pada babak 16 besar EURO 2020 melawan Belgia. Tak cuma itu, deretan rekor lain pun menanti. Namun sebelum itu, kita tengok dahulu sejumlah rekor lain yang sudah digapainya selama babak grup EURO 2020.

REKOR YANG SUDAH DIPECAHKAN CRISTIANO RONALDO

Cristiano Ronaldo Portugal EURO 2020 Piala Eropa 1 - Twitter @EURO2020
Twitter @EURO2020

1) Satu-satunya Pemain yang Tampil dalam 5 Gelaran Piala Eropa
Cristiano Ronaldo sudah bermain di pentas EURO alias Piala Eropa bersama timnas Portugal sejak edisi 2004. Setelah 17 tahun berlalu, dia masih menjadi andalan Selecao Das Quinas dan pada EURO 2020 menjadi penampilan kelimanya.

2) Satu-satunya Pemain yang Mencetak Gol dalam 5 Gelaran Piala Eropa
Sejak tampil pada edisi 2004, Cristiano Ronaldo selalu bisa mencatatkan namanya di papan skor. Ketika mencetak gol penalti ke gawang Hungaria pada matchday pertama EURO 2020, berarti dia sudah mencetak gol dalam lima gelaran Piala Eropa.

3) Pemain Tersubur dalam Sejarah EURO
Sebelum EURO 2020 digelar, Cristiano Ronaldo memiliki jumlah gol yang sama dengan mantan pemain timnas Prancis, Michel Platini, yakni 9 gol. Itulah koleksi gol terbanyak yang dicetak seorang pemain selama keikutsertaan di EURO. Lalu, setelah tiga pertandingan babak grup EURO 2020, Ronaldo menambah pundi golnya menjadi 14 dan berdiri sendiri sebagai pemain tersubur Piala Eropa.

4) Pencetak Gol Tertua Portugal di Turnamen Besar Antarnegara
Dalam usia 36 tahun dan 130 hari, Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol tertua Portugal dalam partisipasi di turnamen besar antarnegara. Sebelumnya, rekor itu dimiliki bek FC Porto, Pepe, yang mencetak gol pada laga melawan Hungaria di Piala Dunia 2018 dalam usia 35 tahun dan 124 hari.

5) Pemain dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di Piala Eropa
Sebelum pagelaran EURO 2020, Cristiano Ronaldo bersama Andres Iniesta dan Cesc Fabregas dari Spanyol, sama-sama mengoleksi 11 kemenangan Piala Eropa. Setelah Portugal mengalahkan Hungaria pada babak grup EURO 2020, Ronaldo berhasil melewati Iniesta dan Fabregas.

6) Pemain Tersubur Gabungan Piala Dunia dan Piala Eropa
Sebelum laga melawan Prancis, Cristiano Ronaldo memiliki jumlah 19 gol yang sama dengan legenda Jerman, Miroslav Klose, dalam partisipasi di Piala Dunia dan Piala Eropa. Berkat brace penalti ke gawang Les Bleus, kini Ronaldo unggul dua gol dari Klose.

REKOR YANG AKAN DIPECAHKAN CRISTIANO RONALDO

Disamakan Rekornya, Ali Daei Beri Ucapan Selamat ke Cristiano Ronaldo
Twitter @EURO2020

1) Pemain Tersubur di Pentas Internasional
Berkat brace ke gawang Prancis, Cristiano Ronaldo menyamai catatan 109 gol milik mantan striker timnas Iran, Ali Daei. Keduanya berbagi gelar sebagai pemain tersubur di pentas internasional. Namun, Ronaldo berpeluang melewati Ali Daei jika bisa mencetak gol ke gawang Belgia pada babak 16 besar EURO 2020.

2) Pencetak Assist Terbanyak di Piala Eropa
Saat ini, pengoleksi assist terbanyak dalam sejarah Piala Eropa dimiliki mantan pemain timnas Republik Cheska, Karel Poborsky, dengan 8 assists. Sejauh ini, Ronaldo sudah mengoleksi 7 assists dan berpeluang menyamai bahkan melampaui Poborsky pada babak 16 besar EURO 2020. Di belakang Ronaldo, ada Raul Gonzalez, David Beckham, Luis Figo, Arjen Robben, dan Bastian Schweinsteiger, yang memiliki 5 assists.

3) Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak di Pentas Internasional
Bek asal Spanyol, Sergio Ramos, menjadi pemain Eropa berpenampilan terbanyak di pentas internasional dengan 180 caps. Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi 178 caps. Artinya, dia bisa melampaui torehan Ramos jika bisa selalu tampil membela Portugal hingga babak semifinal EURO 2020.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img