Karier Ricky Kambuaya Meroket 5 Tahun, Dipicu Mimpi Duet dengan Evan Dimas

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5star.com Indonesia – Sebelum membela timnas Indonesia, Ricky Kambuaya ternyata memang sudah punya mimpi berduet dengan Evan Dimas Darmono. Mimpi yang akhirnya bisa terwujud sejak tahun lalu, ketika dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk membela timnas.

Memang, bagi mayoritas pemain muda asal Papua, inspirasi mereka adalah Boaz Solossa. Tak terkecuali Ricky. Namun, siapa sangka mimpi Ricky untuk bisa membela timnas justru dimulai ketika adanya desakan untuk bisa berduet dengan Evan.

Mochamad Iriawan: Jangan Takut, Tatap Mukanya!
PSSI
- Advertisement -

Menariknya, pada 2013, ketika Evan membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 dan lolos kualifikasi Piala Asia U-19, Ricky justru belum jadi apa-apa. Dia masih sebatas pesepak bola amatir yang doyan bermain di lapangan komplek dan belum menjejaki karier profesional.

Momen yang menjadi titik balik dalam kehidupan Ricky adalah ketika dia dan teman-teman kompleknya sedang menonton aksi Evan bersama timas U-19. Tiba-tiba, dia menapat dorongan dari teman yang dianggapnya kakak, agar semangat bermain sepak bola demi menembus timnas.

- Advertisement -

“Kami dulu nonton Evan Dimas saat bersama timnas U-19 lagi bagus-bagusnya. Waktu itu aku belum main sepak bola. Teman di komplek, kakak Jordan, bilang, ‘kamu harus berjuang, berusaha supaya suatu saat bisa lihat kamu main. Karena kami mau lihat kamu main bersama Evan Dimas. Cara main kamu bagus sekali. Jadi kalau nanti bisa duet dengan Evan akan sangat bagus’,” bilang Ricky bercerita, dikutip Football5star dari youtube PSSI.

Ricky Kambuaya timnas Indonesia Piala AFF 2020
PSSI

Ricky Kambuaya Memburu Mimpi Dalam Tempo 5 Tahun

Ricky Kambuaya ketika itu menyikapinya dengan tertawa. Namun di balik itu, keinginannya menadi pesepak bola profesional justru semakin tumbuh tinggi. Apalagi, secara usia dia dan Evan memang hanya terpaut satu tahun. Alhasil, dalam tempo 5 tahun dia langsung meburu mimpinya itu.

- Advertisement -

Dimulai pada 2016, pemain kelahiran Sorong 25 tahun silam itu lolos seleksi untuk membela Papua pada PON Jawa Barat. Selepas PON, Ricky mula meniti karier profesional dimulai dari PSMP Mojokerto, PS Sleman, hingga akhirnya berlabuh di Persebaya Surabaya pada 2020.

Best XI Liga 1 2021-22 Edisi September: Panggung Striker Asing
Antara

Siapa sangka, setahun setelah gabung Persebaya, dia diberi kesempatan membela timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong. Dia menjalani debut ketika Skuat Garuda menghadapi Taiwan dalam play-off kualifikasi Piala Asia 2023, pada Oktober 2021.

Sejak saat itu, posisi Ricky Kambuaya tak lagi tergoyahkan di skuat timnas. Mimpinya bisa berduet dengan Evan Dimas di lini tengah dan membela pani Merah Putih akhirnya terwujud.

“Main di timnas sebuah kebanggaan. Susah dijelaskan. Dulu cuma impian. Sekarang, mau bilang bagaimana. Seperti mimpi. Kalau lihat Evan, jadi ingat momen waktu itu,” sebutnya memungkasi.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img