Ritual Khusus Diego Maradona Diungkap Eks Masseur Napoli

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Diego Maradona adalah legenda. El Diez adalah fenomena di sepak bola. Siapa pun kiranya tak bisa membantah hal itu. Lalu, apa yang membuat dia begitu hebat dan memesona? Mantan masseur Napoli, Salvatore Carmando, baru-baru ini mengungkapkan sebuah ritual khusus sang megabintang.

Carmando selama berpuluh tahun menjadi masseur Napoli. Dia baru berhenti pada 2009. Nah, saat Maradona tiba di San Paolo, dia punya status khusus. El Diez menjadikan dia masseur pribadinya. Hal itu bahkan dilakoni ketika Maradona membela timnas Argentina di Piala Dunia.

Salvatore Carmando sudah seperti masseur pribadi Diego Maradona.
Imago Images
- Advertisement -

“Pada hari pertama ritiro di Castel del Piano, Tuscany, dia mendekati meja pijat dan melihat saya bekerja. Dia lalu berujar, ‘Kamu akan jadi satu-satunya masseur-ku.’ Dia berbaring dan menanti hingga semua pemain lain keluar dari ruang ganti. Kami berada di sana selama berjam-jam. Dari sanalah tumbuh persahabatan,” urai Salvatore Carmando seperti dikutip Football5star.com dari Infobae.

Carmando lalu mengungkapkan satu ritual El Diez. “Saya memijat Pelusa sejam sebelum setiap pertandingan. Kakinya sungguh berbeda dari para pemain lain. Ototnya keras, tapi juga fleksibel. Saya tak pernah melihat yang seperti itu,” ujar pria kelahiran Salerno pada 29 Oktober 1943 itu.

Ritual Diego Maradona Lain bersama Carmando

- Advertisement -

Hubungan yang terjalin itu membuat Salvatore Carmando tak ubahnya pelayan pribadi Diego Maradona. El Diez bisa memanggil kapan saja dan dia tak akan pernah keberatan untuk memenuhinya. Carmando lalu teringat saat-saat sebelum sang megabintang mencetak gol mustahil ke gawang Juventus pada 3 November 1985.

“Dia menelepon saya pada pukul 7 pagi. Saya lantas berlari ke rumahnya. Ketika saya tiba, dia berkata bahwa kami akan menang lawan Juventus dengan gol darinya. Itulah yang terjadi. Itulah hari ketika tendangan bebas Diego (di dalam kotak penalti) bersarang di pojok kiri atas gawang Stefano Tacconi,” tutur Carmando.

Mencium kepala Salvatore Cramando adalah salah satu ritual rutin Diego Maradona selama di Napoli.
Getty Images
- Advertisement -

Soal ritual, Carmando mengungkapkan ritual lain Maradona yang tidak berpengaruh langsung terhadap pertandingan. “Sebelum laga, dia akan mendatangi saya, menunjukkan logo di jersinya, memeluk saya, lalu mencium kepala saya. Dia selalu melakukan hal itu,” ucap Carmando lagi.

Persahabatan antara Diego Maradona dan Salvatore Carmando terus terjalin hingga sudah sama-sama pensiun. Carmando ingat betul, El Diez meneleponnya pada 29 Oktober 2020 untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Keesokan harinya, giliran dia yang menyampaikan selamat ulang tahun kepada El Diez. Tak dinyana, itu adalah percakapan terakhir mereka.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img