Peran Penting Eks Persib di Hubungan Diplomatik Indonesia-Australia

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – Bagi suporter Persib dan Persema Malang tentu tidak asing dengan pemain Australia, Robbie Gaspar. Ia adalah pemain dari Negara Kangguru yang berkarier di Liga Indonesia. Setelah pensiun dari sepak bola, apa pekerjaan baru pemain kelahiran Perth itu?

Sebagai pria yang lama berkarier di Liga Indonesia, Gaspar seperti dikutip Football5star.com dari The World Game, Kamis (10/6/2021), saat ini menjabat sebagai ketua Australia Indonesia Business Council (AIBC).

Robbie Gaspar, Dulu Jago Gocek Sekarang Jago Lobi
aiya.org.au
- Advertisement -

Tak hanya itu, Gaspar juga menjadi wakil ketua balai Bahasa Indonesia di Perth. Ini adalah organisasi nirlaba yang bertujuan mempromosikan pengajaran bahasa Indonesia dan membina hubungan budaya antar kedua negara.

Di pekerjaan barunya ini, Robbie Gaspar ditunut untuk mengoptimalkan kemampuan lobi. Bagi Gaspar sendiri, ia tidak terlalu canggung untuk melakukan lobi.

- Advertisement -

“Saya telah belajar bahwa sepak bola adalah alat diplomasi yang lembut dan cara yang bagus untuk mengembangkan hubungan. Awal tahun ini, saya kembali bergabung ke AIBC sebagai wakil ketua. Kemudian saya sempat mundur. Karena beban kerja yang tinggi akibat Covid, saya akhirnya kembali menjadi ketua pelaksana,” ucap Robbie Gaspar.

“Ini pekerjaan yang fantastis. Saya bertemu banyak orang keren dan latar belakang yang beragam. Saya telah membantu beberapa bisnis di Indonesia,” tambahnya.

- Advertisement -

Menurut Robbie Gaspar, Indonesia adalah negara tetangga Australia yang sangat strategis. Indonesia menurut Gaspar sangat penting untuk Australia.

“Indonesia adalah negara terdekat kami, kedutaan terbesar kami ada di Jakarta. Baru setelah itu ada di Washington dengan 350 pekerja. Jadi secara strategis, Indonesia sangat penting bagi kami,” ungkapnya.

Gaspar yang pernah bekerja di FIFPro juga memiliki pandangan untuk ekonomi Indonesia. Ia yakin Indonesia akan memiliki ekonomi yang kuat pada 2050.

“Indonesia akan menjadi ekonomi empat besar pada 2050. Jadi saya pikir ini adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan orang-orang Indonesia. Sepak bola tidak pernah membeda-bedakan,” tutup Robbie Gaspar.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img