Nostalgia Hari Ini: Romario, Non-Eropa Pertama yang Hat-trick di Liga Champions

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Romario merupakan salah satu legenda besar asal Brasil. Dalam karier sepak bolanya ia telah mencetak seribu gol.

Sebagai penyerang, mencetak gol memang keahliannya. Dia telah membuktikan itu, baik di tingkat klub maupun timnas Brasil.

- Advertisement -

Sebagaimana pemain top Brasil lainnya, Romario juga menorehkan tinta emas di Eropa. Tiga klub eropa pernah ia perkuat seperti PSV Eindhoven, Barcelona, serta Valencia.

romario
charitiStarts

Dan bersama PSV Eindhoven, klub Eropa pertamanya, ia mengoreskan tinta emas. Datang pada 1988 silam, ia bermain selama lima musim di raksasa Belanda.

- Advertisement -

Di sana, pemain bernama lengkap Romario Faria memenangkan tiga gelar Eredivisie, tiga Piala Belanda, satu Piala Super Belanda, dan sekali terpilih sebagai pemain terbaik Liga Belanda.

Dari berbagai gelar yang dibukukan, apa yang dicapai pada musim 1992-1993 terbilang fenomenal. Memang dia gagal membawa PSV juara musim itu.

romario
Getty Images
- Advertisement -

Kendati begitu, sang legenda mencatatkan namanya di buku sejarah. Tepat pada hari ini 29 tahun silam PSV Eindhoven menjamu AEK Athena di Liga Champions.

Dipercaya sebagai starter oleh pelatih Hans Westerhof, jebolan akademi Vasco da Gama tampil memukau. Ia membuat stadion Phillips bergemuruh saat laga baru berjalan lima menit.

Pada awal babak kedua, masih dimanjakan oleh umpan Edward Linskens, pria kelahiran Januari 1966 membukukan gol kedua. Dan ketika laga menyisakan enam menit ia melengkapi laga dengan hat-trick.

Romario dan Hat-trick Lainnya

PSV Eindhoven menang 3-0 dan Romario membuat sejarah. Dia tercatat sebagai pemain non-Eropa pertama yang bikin hat-trick pada era Liga Champions. Ya, untuk diketahui era Liga Champions baru dimulai pada musim tersebut.

romario
90min

Adapun legenda yang memutuskan pensiun 2010 lalu sebelumnya juga pernah cetak hat-trick dua tahun sebelumnya. Tapi kompetisi kala itu masih bernama Piala Champions.

Hat-trik tersebut dilesakkan ke gawang raksasa Rumania, Steau Bukarest di leg kedua 16 besar. Saat itu PSV menang telak 5-1.

Sepanjang kariernya di Liga Champions, pemilik 70 caps bersama timnas Brasil mencatatkan 24 penampilan dan menghasilkan 12 gol untuk PSV dan Barcelona.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img