Rui Costa Sebut Laga Belenenses vs Benfica Lembaran Hitam Sepak Bola Portugal

Football5Star.com, Indonesia – Rui Costa, Presiden Benfica, tak menutupi kekecewaannya terhadap lawan di kandang Belenenses, Minggu (28/11/2021). Dia menyebut laga Belenenes vs Benfica itu sebagai lembaran hitam di sepak bola Portugal dan seharusnya sejak awal tak dilangsungkan.

Partai Belenenses vs Benfica jadi soroton karena tetap berlangsung meskipun tuan rumah menghadapi krisis. Banyak pemain terpapar COVID-19 hingga hanya tersisa 9 pemain. Itu sudah termasuk 2 penjaga gawang. Hasilnya, pada babak pertama, As Aguias unggul 7-0. Laga lantas dihentikan setelah satu pemain Belenenses cedera.

Getty Images
- Advertisement -

Costa sangat geram atas hal tersebut. “Saya sangat menyesalkan apa yang telah terjadi. Ini adalah lembaran hitam sepak bola Portugal, bahkan untuk negeri ini juga,” urai Rui Costa seperti dikutip Football5Star.com dari Mais Futebol. “Kami dan Belenenses sama-sama hanya mengikuti regulasi yang berlaku.

Lebih lanjut, eks bintang Fiorentina dan AC Milan itu berujar, “Kami sama sekali tak suka menjalani laga ini. Sama sekali tak ada untungnya bagi sepak bola Portugal. Kami dipaksa bermain. Dua lembaga yang dapat membatalkan laga, yakni regulator liga dan otoritas kesehatan, tak melakukannya.”

Getty Images
- Advertisement -

Selain menyesalkan sikap pengelola liga dan otoritas kesehatan, Rui Costa juga mengkritik sikap Presiden Belenenses, Rui Pedro Soares. Dia menuding koleganya itu telah borbohong karena mengaku sudah meminta pembatalan laga. Padahal, faktanya, pihak Benfica sama sekali tak mendapatkan sinyal tersebut.

“Benfica sudah bersiap dan sama sekali tak tahu berapa pemain lawan yang akan ada di lapangan. Tak ada pembatalan resmi terhadap pertandingan itu. Sepanjang hari, yang ada hanyalah pernyataan bahwa Belenenses akan tetap bermain,” kata Costa.

Rui Costa Bantah Presiden Belenenses

- Advertisement -

Eks bintang timnas Portugal yang seangkatan dengan Luis Figo itu menegaskan, Benfica akan dengan tangan terbuka menerima pembatalan laga. Namun, sinyal itu sama sekali tak ada. “Andai saja sudah mengetahui itu sejak kemarin (Jumat), kami tentu tak akan membiarkan sepak bola Portugal melewati lembaran ini,” ucap dia.

Pernyataan Costa sesuai dengan fakta. Sebelum hari pertandingan, Soares berkeras klubnya akan tetap bermain. “Kami tak meminta siapa pun menunda laga. Tidak Benfica, tidak liga, tidak juga otoritas kesehatan. Sejauh ini, itu tak terjadi dan tak akan terjadi. Beleleneses tak akan meminta laga ditunda,” kata dia dengan tegas.

Akan tetapi, setelah hal memalukan terjadi, Soares justru berkata lain. “Pada siang hari, kami berkomunikasi dengan liga bahwa kami tak ingin memainkan laga ini. Kami punya 8 pemain yang bisa main dan oleh karenanya mereka menyuruh kami bermain. Jika tidak, kami akan dianggap WO,” ucap dia.

Getty Images

Nasi telah menjadi bubur. Laga Belenenses vs Benfica tetap berjalan dan hasilnya sungguh mencoreng muka. Pertandingan akhirnya dihentikan pada awal babak kedua setelah Joao Monteiro, kiper cadangan yang tampil sebagai gelandang, cedera dan tak dapat melanjutkan laga.

Atas hal memalukan itu, Rui Costa tak mau Benfica disalahkan apalagi dituding memanfaatkan situasi. Dia menegaskan, As Aguias sama sekali tak bertanggung jawab atas peristiwa itu. Dia menyesalkan ketiadaan komunikasi yang jelas di antara semua pihak. Secara tegas, dia mengakui kondisi lawan jelas-jelas tak memungkinkan laga digelar.

- Advertisement -