Sebastien Haller, Pemain yang Pecahkan Rekor Transfer 2 Klub Besar

BACA JUGA

gamespool
Sebastien Haller, Pemain yang Pecahkan Rekor Transfer 2 Klub Besar 3

Football5star.com, Indonesia – Kepindahan Sebastien Haller dari West Ham United ke Ajax mungkin tidak terlalu mencuri perhatian publik sepak bola dunia. Akan tetapi, kepindahan Haller ke Amsterdam menjadi buah bibir para pecinta sepak bola Belanda.

Haller diresmikan sebagai pemain baru De Godenzoden pada Jumat (8/1) sore WIB. Pemain berumur 26 tahun itu ditebus dengan banderol 22,5 juta Euro. Angka tersebut membuat Haller menjadi pembelian termahal dalam sejarah Ajax.

- Advertisement -

Ajax bukanlah satu-satunya klub yang rela memecahkan rekor transfer demi mengamankan tanda tangan Haller. Pemain timnas Pantai Gading itu juga memecahkan rekor transfer West Ham pada 2019 lalu. Ketika itu, the Hammers harus mengucurkan dana sebesar 50 juta Euro untuk mengamankan tanda tangan Haller dari Eintracht Frankfurt.

GAGAL PENUHI EKSPEKTASI DI INGGRIS

West Ham rela mengucurkan dana besar untuk mendatangkan Sebastien Haller karena mereka tak memiliki striker haus gol dalam beberapa musim terakhir. Haller dinilai bisa memuaskan dahaga suporter West Ham karena rekor gemilangnya bersama Frankfurt.

Haller menjadi bagian skuat Frankfurt yang menjadi kampiun DFB Pokal pada musim 2017-18 lalu. Semusim berselang, ia berhasil membawa Die Adler melaju hingga ke semifinal Liga Europa.

- Advertisement -

Dalam dua musim tersebut, Haller memang tak terlalu banyak mendapat sorotan publik Jerman. Seluruh sorotan menjadi milik Luka Jovic yang tampil menggila. Padahal, Haller juga tampil baik dengan catatan 33 gol dan 19 assist dari 77 penampilan.

- Advertisement -

Catatan gemilang tersebut plus banderol 50 juta Euro membuat Haller diberikan ekspektasi tinggi. Terlebih ketika itu West Ham baru saja kehilangan Marko Arnautovic, Andy Carroll dan Lucas Perez.

Manuel Pellegrini - Sebastien Haller - West Ham United - @WestHamUtd
twitter.com/WestHam

“Kami memiliki pemain yang bisa bermain di beberapa posisi. Haller tak hanya bagus di dalam kotak penalti. Dia juga sangat berbahaya di luar kotak penalti,” ungkap pelatih West Ham ketika itu, Manuel Pellegrini.

Namun, Haller gagal memenuhi ekspektasinya. Ia kesulitan beradaptasi dengan kerasnya sepak bola Inggris dan cuma mampu menyumbang tujuh gol dari 34 penampilannya di semua kompetisi.

Pada musim 2020-21, Haller mampu menunjukkan performa yang lebih baik. Ia berhasil mencetak tujuh gol dari 19 penampilannya dan membawa The Hammers duduk nyaman di papan tengah klasemen Liga Inggris.

Catatan itu sayangnya tidak cukup bagi Haller untuk mengamankan tempatnya bersama West Ham. Performa gemilang Michail Antonio serta krisis finansial akibat pandemi Covid-19 membuat The Hammers rela melepas Haller ke Ajax dengan harga miring.

- Advertisement -
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img