Sebelum Martin Odegaard, Dua Pemain Norwegia Alami Nasib Nahas di Arsenal

BACA JUGA

gamespool
Sebelum Martin Odegaard, Dua Pemain Norwegia Alami Nasib Nahas di Arsenal 4

Football5star.com, Indonesia – Arsenal resmi meminjam pemain Norwegia, Martin Odegaard dari Real Madrid. Odegaard bakal membela Arsenal sampai akhir musim ini. Odegaard bukan pemain pertama asal Norwegia yang datang ke London pada musim 2020-21.

Pada musim panas lalu seperti dikutip Football5star.com dari Evening Standard, Rabu (27/1/2021), Arsenal mendapatkan striker 19 tahun secara gratis dari klub Norwegia Tromso IL, George Lewis. Pemain yang juga bisa ditempatkan sebagai winger ini memang bukan orang asli Norwegia, ia kelahiran Rwanda.

Sebelum Martin Odegaard, Dua Pemain Norwegia Alami Nasib Nahas di Arsenal
Daily Mail
- Advertisement -

Sejak orang tuanya pindah ke Norwegia, Lewis jalani karier di sejumlah klub seperti Fram Larvik hingga Tromso IL. Namun Lewis tentu saja bukan orang Norwegia pertama yang berkarier di Arsenal.

Pemain Norwegia pertama yang datang ke Arsenal ialah Pål Lydersen. Pemain berposisi bek sayap ini datang ke London pada 1991. Pelatih The Gunners saat itu, George Graham terkesan dengan penampilan Lydersen saat masih membela I.K. Start.

Mampu bermain di bek sayap kanan dan kiri membuat Lydersen dianggap George Graham jadi pilihan yang tepat untuk melapisi Lee Dixon dan Nigel Winterburn. Apalagi saat itu, pemain dari negara Skandinavia lainnya, Anders Limpar mampu bermain bagus bersama The Gunners.

Sayangnya, kemampuan Lydersen tak sesuai ekpektasi Graham. Empat musim di Arsenal, ia hanya bermain sebanyak 15 pertandingan di semua kompetisi. Di satu musim terakhirnya, Lydersen sempat dipinjamkan Arsenal ke klub lamanya. Sebelum dilepas permanen pada 1995.

Karier pemain Norwegia lainnya

Setelah itu cukup lama Arsenal tak lagi merekrut pemain asal Norwegia. Baru pada 2007, Arsene Wenger mendatangkan pemain kedua Norwegia ke London. Ia adalah Håvard Nordtveit, pemain di posisi gelandang.

Dikutip dari The Guardian, Wenger sendiri yang datang ke Norwegia untuk melihat aksi Nordtveit saat membela klub lamanya, Haugesund melawan Adeccoligaen. Awal pihak klub Haugesund menolak untuk melepas Nordtveit. Pihak klub meminta bayaran tinggi, yakni 1,7 poundsterling.

Sebelum Martin Odegaard, Dua Pemain Norwegia Alami Nasib Nahas di Arsenal2
getty images

Setelah negosiasi, Arsenal bisa datangkan Nordtveit dengan mahar 500 ribu poundsterling dan akan ditambah menjadi 2 juta poundsterling jika si pemain bisa bermain sebanyak 40 laga. Sayangnya Nordtveit tak pernah mendapat uang tambahan itu karena tak satu kali pun Wenger menurunkannya di tim utama Arsenal.

Sempat dimainkan pada laga pra musim, Nordtveit kemudian jadi pemain pinjaman pada 2008 ke Salamanca. Lalu pada 2009 kembali dipinjamkan ke Lillestrøm dan dilepas permanen pada 2011 ke Borussia Mönchengladbach.

https://youtu.be/czzqekmhL0I
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img