Sejarah Pertemuan Brasil vs Jerman di Olimpiade

BACA JUGA

Banner Gamespol Baru

Football5Star.com, Indonesia – Cabang sepak bola putra di Olimpiade Tokyo 2020 akan memulai fase grup pada Kamis (22/7/2021). Dari 8 laga di 4 grup, sorotan utama tentu saja pertarungan Brasil vs Jerman di Grup D. Laga itu rencananya digelar pada pukul 18.30 WIB dan akan ditayangkan televisi nasional di Indonesia.

Pertemuan timnas Brasil dengan Jerman memang istimewa. Pasalnya dua negara kuat dari benua berbeda itu sangat jarang bertemu pada ajang resmi. Di Piala Dunia, mereka baru dua kali bertemu. Di Piala Konfederasi pun baru dua kali bersua. Lalu, di olimpiade, laga nanti adalah yang kelima sepanjang sejarah.

Laga Brasil vs Jerman untuk kali pertama terjadi pada peempat final limpiade Helsinki 1952.
Getty Images
- Advertisement -

Laga Brasil vs Jerman untuk kali pertama tersaji pada Olimpiade Helsinki 1952. Kedua tim kala itu bersua pada babak perempat final. Die Mannschaft tampil sebagai pemenang. Tim asuhan Sepp Herberger menang 4-2 lewat perpanjangan waktu.

Pada laga itu, Brasil unggul terlebih dahulu melalu Larry pada menit ke-12 dan Zozimo saat laga memasuki menit ke-74. Semenit dari gol kedua Selecao, Jerman membalas lewat Willi Schoeder. Lalu, semenit jelang usai, Karl Klug menyeimbangkan keadaan jadi 2-2. Pada perpanjangan waktu, Schroeder dan Hans Zeitler memastikan Jerman menang 4-2.

Brasil vs Jerman Akhirnya Tersaji di Final

Partai Brasil vs Jerman berikutnya di Olimpiade Los Angeles 1984. Kali ini, kedua tim bersua pada penyisihan grup. Hasilnya pahit bagi Die Mannschaft. Andreas Brehme dkk. takluk 0-1 oleh gol Gilmar Popoca saat laga tinggal bersisa 4 menit. Meskipun demikian, mereka mampu lolos ke perempat final dengan finis sebagai runner-up grup.

Brasil dan Jerman kembali bersua pada edisi Olimpiade Seoul 1988. Laga akbar ini tersaji pada semifinal. Holger Fach membawa Jerman unggul 1-0 pada menit ke-50, tapi disamakan Romario Faria pada menit ke-79. Imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu, laga harus dilanjutkan dengan adu penalti. Selecao berjaya, menang 3-2 setelah 3 eksekutor pertama Die Mannschaft gagal. Salah satunya adalah sang bintang, Juergen Klinsmann.

Pada akhirnya, laga Brasil vs Jerman tersaji pada final alias perebutan medali emas. Itu terjadi di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Seperti pada semifinal Olimpiade 1988, laga imbang 1-1 dalam 120 menit. Gol Neymar pada menit ke-26 dibalas Max Meyer pada menit ke-59. Pada adu penalti, Brasil menang 5-4 setelah Weverton menahan eksekusi penendang terakhir Jerman, Nils Petersen.

Menilik empat pertemuan terdahulu, laga Brasil vs Jerman selalu berjalan ketat. Bahkan, tiga pertandingan tak selesai dalam 90 menit. Hal ini jadi salah satu sebab pertemuan kedua tim pada penyisihan Grup D Olimpiade Tokyo 2020 sangat dinantikan walaupun skuat Selecao jauh lebih berkualitas dibanding Die Mannschaft.

[better-ads type=’banner’ banner=’156437′ ]

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img