Sergi Barjuan, Pelatih Sementara Barca yang Gemar Formasi 4-3-3

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Sergi Barjuan ditunjuk sebagai pelatih sementara Barcelona usai memecat Ronald Koeman. Pihak klub menegaskan bahwa posisi Sergi Barjuan baru akan terganti jika Barcelona sudah mendapat pelatih baru.

“FC Barcelona mengumumkan Sergi Barjuan, pelatih Barca B, sebagai pelatih sementara tim utama. Posisinya sebagai pelatih sementara akan berakhir ketika klub sudah mendapatkan pengganti Koeman,” tulis pernyataan lengkap Blaugrana.

Sergi Barjuan - Barcelona - Ronald Koeman - fcbarcelona. com
fcbarcelona.com
- Advertisement -

Ditunjuknya Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara sempat mengundang tanda tanya bagi sebagian kecil pendukung Barcelona. Bagi penggemar Barca di era kekinian mungkin tak terlalu mengenal Barjuan.

Sergi Barjuan ialah pria asli Catalan yang lahir pada 28 Desember 1971. Kariernya sebagai bak sayap kiri juga dimulai di akademi Barcelona pada 1988. Barjuan menapaki karier di Nou Camp dari tim C hingga bisa menembus ke tim utama Barca.

- Advertisement -

Saat Ronald Koeman direkrut Barcelona pada 1989, Barjuan masih bermain di tim C. Keduanya kemudian menjadi salah satu kekuatan Barca di lini belakang saat meraih gelar juara LaLiga musim 1993-94.

Sergi Barjuan - Barcelona - Ronald Koeman - Diario Sport
Diario Sport

Pelatih Barca saat itu, Johan Cruyff menempatkan Barjuan di sisi kiri, Ronald Koeman dan Miguel Nadal. Barjuan mengakhir kariernya sebagai pemain pada 2002 dengan gelar terakhir yang ia berikan kepada Barcelona ialah juara LaLiga musim 1998-99.

Sergi Barjuan dan Karakter sebagai Pelatih

- Advertisement -

Meski tidak memiliki pengalaman melatih tim di divisi utama, Sergi Barjuan dikenal sebagai pelatih yang suka dengan gaya main Barcelona dan kerap menggunakan formasi 4-3-3.

Dia memiliki pengalaman bagus saat melatih tim akademi Barcelona. Selain itu ia juga pernah melatih di Recreativo Huelva, Almeria, Mallorca dan Zhejiang Pro.

Di sejumlah tim yang dilatihnya, Sergi Barjuan acapkali menggunakan formasi 4-3-3 yang bertransformasi menjadi 4-2-3-1 atau 4-4-2 saat pertandingan berlangsung.

Sergi Barjuan Barcelona
fcbarcelona.com

“Dia suka menggunakn dua pemain sayap terbuka, namun semua itu bisa berubah begitu dia mengelola tim utama,” tulis salah satu media Spanyol, Mundo Deportivo seperti dikutip Football5star.com, Jumat (29/10/2021).

Yang juga menjadi catatan menarik dari pelatih ini ialah bahwa dirinya merupakan penemu talenta muda terbaik Barca saat ini yakni Gavi dan Nico Gonzalez.

“Orang-orang yang berada di manajemen mempercaya saya untuk sebuah misi bahwa tim muda tidak hanya sekedar menang namun untuk jangka panjang. Sepak bola hari ini adalah teknis tetapi juga fisik,” ungkapnya.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img