Nostalgia Hari Ini: Shevchenko Hancurkan Barcelona di Camp Nou

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Andriy Shevchenko adalah sosok striker mematikan pada masanya dan kerap dibandingkan dengan Ronaldo Luis Nazario de Lima. Sampai-sampai, ia disebut Ronaldo-nya Eropa. Ia meraih segalanya di AC Milan, tapi tumbuh besar di raksasa Ukraina, Dynamo Kyiv.

Kehebatan Shevchenko memang dimulai di Dynamo Kyiv. Klub ibu kota Ukraina itu adalah klub pertamanya berkarier di dunia sepak bola. Sudah berada di akademi sejak 1986, ia sukses menembus skuat utama delapan tahun kemudian. Dalam dua periode berbeda pengabdian untuk Kyiv, sang legenda menggelontorkan 53 gol.

shevchenko
infodeportes
- Advertisement -

Dari semua gol tersebut, ada tiga yang istimewa. Dan itu terjadi di satu pertandingan yang berlangsung di stadion Camp Nou. “Itu kemenangan dan hat-trick tak terlupakan di Camp Nou melawan Barcelona,” kata Shevchenko pada 2019 seperti dikutip Football5Star.com dari akun Twitter-nya.

Tepat pada 5 November 1997, Dynamo Kyiv tandang ke Barcelona dalam lanjutan fase grup Liga Champions. Sheva tentu saja langsung dipercaya sebagai starter oleh pelatih Valeriy Lobanovskiy.

- Advertisement -

Dan siapa sangka bahwa pemuda 20 tahun itulah yang menghancurkan Barcelona di Camp Nou. Laga baru berjalan sembilan menit, dia mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan.

Sepanjang babak pertama pertandingan praktis menjadi miliknya. Bagaimana tidak, pria yang dari 2021 hingga EURO 2020 lalu menangani timnas Ukraina itu menambah dua gol lagi. Satu dari sundulan dan satu lewat titik putih. Dynamo Kyiv pun menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Andriy Shevchenko Menang Taruhan

shevchenko
todayin24
- Advertisement -

Papan skor di Camp Nou jelas mengejutkan. Sebab Barcelona kala itu tim tangguh dengan Louis van Gaal di balik kemudi. Adapun di jajaran pemain ada Luis Figo, Rivaldo, hingga Michael Reiziger. Sementara itu, tim tamu bermaterikan para wonderkid semisal Sergiy Rebrov, Vladyslav Vaschuk, dan tentunya Shevchenko.

Sudah unggul jauh, tim arahan Valeriy Lobanovskiy tidak mengendurkan serangan. Apalagi sejak menit ke-47 tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain setelah Sergi Barjuan mendapat kartu kuning kedua. Tandem Sheva di lini depan, Sergiy Rebrov, mencetak gol keempat pada menit ke-79.

Menang 4-0 kian menegaskan superioritas Kyiv atas Barcelona musim itu. Sebab pada pertemuan pertama di Ukraina, mereka menang 3-0. Bedanya, Sheva yang bikin hat-trick di Camp Nou tidak mencetak gol pada laga di kandang sendiri itu.

shevchenko

Mengenai kekalahan telak dari Kyiv di Camp Nou yang diwarnai hat-trick Shevchenko, Luis Figo secara fair mengakui keunggulan lawan. “Kami telah melakukan segalanya, tapi lawan memang jauh lebih kuat dari kami,” kata dia selepas laga seperti dikutip Sport.

Menariknya, hasil di Camp Nou itu membuat Andriy Schevchenko mendapatkan makan malam gratis. “Kami menang 3-0 di kandang dan teman saya berkata, ‘Kita lihat apa yang terjadi di kandang lawan.’ Saya bertaruh akan mencetak hat-trick dan dia akan menjamu makan malam jika saya melakukannya,” kisah Sheva.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img