Shin Tae-yong Inginkan Gelandang AZ Alkmaar, PSSI Segera Proses

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5star.com Indonesia – Gelandang AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders, menjadi nama baru yang akan dunaturalisasi. Kabarnya, nama itu sudah diajukan langsung oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan akan diproses oleh PSSI.

Seperti diketahui, pada awalnya ada sejumlah nama yang masuk daftar untuk dinaturalisasi oleh Indonesia. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, Kevin Diks, hingga Ragnar Oratmangoen.

- Advertisement -

Namun pada akhirnya cuma dua nama pertama yang memenuhi syarat. Sementara nama lain belum bisa diproses karena sejumlah kendala, termasuk tidak dapatnya izin orang tua.

Jordi Amat K.A.S.Eupen, Timnas Indonesia - Instagram @JordiAmat5
Instagram @JordiAmat5

Meski sudah mengantongi dua nama yang segera dirampungkan proses naturalisasinya, Tae-yong tak lantas puas. Dia dan tim masih mencari beberapa pemain keturunan lain yang sesuai keinginannya.

- Advertisement -

“Banyak sekali nama yang masuk ke STY (sebutan akrab Shin Tae-yong). Saya menunggu STY menyetujui, barulah saya kerjakan. Saya tidak tahu persis jumlahnya. Tapi STY punya tim khusus untuk scouting pemain (keturunan) sesuai keinginan dia,” bilang anggoata komite eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani, dikutip Football5star dari youtube Tommy Desky (12/2/2022).

Shin Tae-yong Sudah Sodorkan Satu Nama Baru

Tijjani Reijnders AZ Alkmaar 1 - Instagram @tijjanirTijjani Reijnders AZ Alkmaar 1 - Instagram @tijjanir
Instagram @tijjanir

Di antara sejumlah nama yang masuk dalam pantauan Tae-yong, ternyata ada satu yang sudah disodorkan ke PSSI. Kabarnya, dia adalah Tijjani Reijnders, pengoleksi 2 gol dan 2 assists dari 29 penampilan bersama AZ Alkmaar pada musim ini.

- Advertisement -

“Ada satu nama yang dimasukkan STY lagi. Kami harus selidiki dahulu apa dia punya darah keturunan atau tidak. Saya belum bisa sebut nama karena STY belum kasih data ke saya,” ucap Hasani lagi.

Meski sempat enggan menyebutkan detail, pada akhirnya Hasani mengakuinya setelah dalam obrolan di youtube Tommy Desky, nama tersebut disebutkan. “Bapak sempat sebutkan ada satu nama yang masuk daftar. Ini ada satu yang muncul ke publik, Tijjani Reijnders, apa itu yang akan diselidiki?” tanya Tommy Desky.

ALKMAAR - Tijjani Reijnders of AZ and Hakon Evjen of AZ enter the field during the Dutch Eredivisie match between AZ Alkmaar and NEC at the AFAS stadium on November 20, 2021 in Alkmaar, Netherlands. ANP ED OF THE POL Dutch Eredivisie 2021/2022 xVIxANPxSportx/xxANPxIVx *** ALKMAAR Tijjani Reijnders of AZ and Hakon Evjen of AZ enter the field during the Dutch Eredivisie match between AZ Alkmaar and NEC at the AFAS stadium on November 20, 2021 in Alkmaar, Netherlands ANP ED OF THE POL Dutch Eredivisie 2021 2022
Haakan Sport Fotos

Hasani mengatakan, Reijnders memang menjadi nama baru yang disodorkan pelatih asal Korea Selatan itu untuk masuk pertibangan dinaturalisasi. Akan tetapi, sejauh ini pihak PSSI masih menunggu konfirmasi Tae-yong sebelum memulai proses komunikasi dengan si pemain.

“Dari sisi nama, betul. Tidak salah. Tidak ada yang bisa kita tutup-tutupi. Cuma, saya tidak berani memastikan karena pihak STY belum kasih data dan belum konfirmasi. Jangan sampai kami sudah urus ternyata tidak jadi. Jadi, saya menunggu STY meminta kepada PSSI. Kalau sampai minggu depan STY belum mengirim, saya akan menanggih,” papar Hasani.

Tijjani Reijnders Punya Darah Indonesia dari Sang Ibu

Tijjani Reijnders AZ Alkmaar - BD-nl
BD.nl

Ketertarikan Shin Tae-yong terhadap Reijnders memang cukup beralasan. Pemain berusia 23 tahun itu menjadi salah satu andalan AZ Alkmaar dalam mengarungi Eredivisie dan UEFA Europa Conference League pada musim ini.

Pemain yang bisa memainkan peran hampir di semua posisi lini tengah itu mengoleksi 970 menit bermain di semua ajang pada musim ini. Rinciannya, dia tampil 21 laga Eredivisie, 5 di Conference League, dan 3 di KNVB Beeker, dengan mencatat 2 gol, 2 assists, serta 2 kartu kuning.

Seperti dikutip Football5star dari Revolvy, Tijjani Reijnders merupakan anak dari mantan striker PEC Zwolle pada era 1900-an, Martin Reynders, dengan seorang perempuan keturunan Indonesia asal Maluku.

Martin Reynders dan istri memiliki dua orang anak, Tijjani dan Eliano Reijnders. Jika sang kakak meniti karier cemerlang bersama AZ Alkmaar, Eliano sang adik justru memilih membela mantan klub ayahnya, PEC Zwolle.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img