Shin Tae-yong Tak Mau Dibebankan Prestasi di Timnas Senior

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Shin Tae-yong mengaku tak mau begitu saja dibebankan prestasi di timnas senior tanpa adanya sistem yang benar. Makanya, dia sejak awal memang menyoroti akar rumput agar Indonesia bisa berprestasi.

- Advertisement -

Seperti diketahui, Shin memang kini sangat fokus memberi kepercayaan kepada banyak pemain muda di timnas Indonesia. Bahkan, skuat yang diturunkannya pada Piala AFF 2020 memiliki rataan usia yang muda, yakni 23,7 tahun.

Tak Ada Rasa Takut di Diri Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia

Dengan skuat mudanya, ternyata Indonesia masih bisa bicara banyak dengan melaju hingga partai puncak Piala AFF 2020. Shin sendiri mengakui kalau saat ini dirinya fokus pada pembinaan usia dini. Namun sebenarnya, Shin ingin membenahi timnas Indonesia dari bawah.

- Advertisement -

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada menitikberatkan prestasi, saya pikir bahwa akarnya harus kuat agar ke atasnya juga kuat,” ungkap Shin Tae-yong dikutip dari kanal YouTube BAL.

Shin Tae-yong akan menghadapi ujian berat karena jadwal padat dua tim asuhannya sepanjang 2022.
Getty Images

“Tak bisa hanya membebankan prestasi di senior saja kepada pelatih. Pertama kalinya ke Piala Dunia regional (Piala AFF), sebelum itu juga Indonesia adalah tim dengan rata-rata pemain tertua di Asia Tenggara. Tapi sekarang di tangan saya rata-ratanya 21,5 tahun,” papar dia.

Shin Tae-yong Ingin Beri Bekal

- Advertisement -

Nakhoda asal Korea Selatan itu ingin memberi bekal untuk timnas di masa depan. Dia sadar tak akan selamanya menangani Indonesia. Paling tidak, dia ingin memberi sebuah fondasi yang kuat buat sepak bola Indonesia.

Magi Shin Tae-yong Berakhir bak Bunga yang Belum Mekar

“Saya benar-benar merekrut pemain-pemain muda. Karena saya bukan orang yang akan terus berada di sana. Bagaimanapun saya harus menempa pemain muda dan mengubah sistemnya,” tutup dia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img