Begini Cara Tentukan Tim yang Jadi Peringkat Ketiga Terbaik EURO 2020

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Perhelatan EURO 2020 telah memasuki partai terakhir di fase grup. Baru tiga tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar, Italia, Belanda, dan Belgia. Tim lain berjuang untuk bisa lolos dengan status juara grup, runner up dan peringkat ketiga terbaik.

- Advertisement -

Format tim di peringkat ketiga terbaik di ajang EURO mulai diperkenalkan empat tahun lalu di EURO 2016. Di tahun itu, Portugal yang selama fase grup tak pernah menang dan hanya meraih 3 kali imbang, lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat ketiga terbaik.

Begini Menentukan Tim yang Jadi Peringkat Ketiga Terbaik EURO 2020

Di Euro 2016, Portugal bersama tiga tim lain lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat ketiga terbaik. Tiga tim lainnya adalah Slovakia, Republik Irlandia, dan Irlandia Utara. Di akhir kompetisi, Portugal keluar sebagai juara EURO 2016.

- Advertisement -

Di tahun ini, Cristiano Ronaldo dkk kembali berpeluang menjadi tim dengan status peringkat ketiga terbaik. Portugal yang tak terbendung di match pertama melawan Hungaria justru keok saat jumpa Jerman. Hasil ini menempatkan anak asuh Fernando Santos itu di posisi pertama rangking enam tim peringkat ketiga terbaik EURO 2020.

Lima tim lain yang berada di rangking peringkat ketiga ialah, Austria di posisi kedua, Finlandia di tempat ketiga, Spanyol di posisi keempat, Krosia di tempat kelima dan Swiss di posisi buncit. Dua tim terakhir bisa senasib dengan Turki dan Albania yang tersisih di EURO 2016.

Bagaimana menentukan tim dengan peringkat ketiga terbaik?

- Advertisement -

Dikutip dari laman resmi UEFA, dalam hal menentukan tim peringkat ketiga terbaik untuk melengkapi peserta babak 16 besar EURO 2020, UEFA akan mengambil tim-tim peringkat ketiga dari enam grup yang ada.

Selanjutnya, keenam tim penghuni peringkat 3 fase grup tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah klasemen virtual. Ada enam faktor yang jadi faktor penentuan peringkat dalam klasemen virtual

Keenam faktor tersebut, pertama soal jumlah poin di babak fase grup. Lalu ada selisih gol, produktivitas gol. Selanjutnya ada jumlah kemenangan serta jumlah hukuman kartu. Dan yang terakhir peringkat koefisien UEFA pada babak kualifikasi EURO.

Spanyol - Euro 2020 - uefa. com

Artinya mengapa Portugal di peringkat pertama rangking 6 tim peringkat ketiga terbaik mengalahkan Spanyol, karena Cristiano Ronaldo dkk memiliki jumlah poin dan produktivitas gol lebih baik. Pun dengan Austria dan Finlandia. Meski di peringkat koefisien UEFA pada babak kualifikasi EURO, mereka jauh di bawah Spanyol.

Berdasarkan peringkat koefisien UEFA pada babak kualifikasi EURO 2020, Spanyol berada di posisi kelima di bawah Belgia, Italia, Inggris dan Jerman.

Jika posisi di klasemen virtual EURO 2020 tak berubah hingga match akhir, maka bukan tidak mungkin di babak 16 besar EURO 2020 akan menampilkan partai menarik seperti Belanda vs Portugal atau Belanda melawan Spanyol.

Sementara Belgia yang sudah dipastikan lolos ke 16 besar dan di akhir match fae grup B berstatus juara, juga bisa bertemu Portugal atau Spanyol di babak 16 besar.

Klasemen peringkat ketiga terbaik EURO 2020

PosisiGrupTimMainMenangImbang KalahGFGAGDPoinKualifikasi
1.FPortugal210154+13Berpeluang lolos
2.CAustria21013303Berpeluang lolos
3.BFinlandia21011103Berpeluang lolos
4ESpanyol20201102Berpeluang lolos
5.DKroasia201112-11
6.ASwiss201114-31
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img