Nostalgia Hari Ini: Rekor 3 Musim Tak Terkalahkan Steaua Bucharest Terhenti

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Di Rumania, Steaua Bucharest adalah tim besar. Tapi memang untuk kawasan Eropa mereka masih kalah jauh dari tim mapan dari Italia, Inggris, Spanyol, Jerman, hingga Belanda.

- Advertisement -

Kendati begitu, Bucharest pernah mendulang rekor yang sampai sekarang belum mampu disamai klub lain. Mereka adalah pemegang 119 laga tak terkalahkan di kompetisi domestik.

steaua bucharest

Ya, 119 pertandingan. Catatan ini dibuat dalam waktu tiga musim. Dengan rekor menakjubkan itu sudah tentu klub ibu kota menjadi raja di negaranya.

Mereka menjuarai Liga Rumania tiga musim beruntun. Juga menasbihkan diri sebagai juara Copa Rumania sebanyak dua kali dari kurun waktu 1986 hingga 1989.

Semua ini bermula pada musim 1985-1986. Bucharest tampil digdaya. Apa yang dicapai semusim berikutnya juga tak kalah meyakinkan.

steaua bucharest
Getty Images

Memiliki sosok legenda dalam diri Gheorge Hagi, klub ibu kota menjalani musim dengan 25 kemenangan dan Sembilan kali seri. Musim itu mereka mengawinkan trofi liga dengan Cupa Romaniei usai mengalahkan Dinamo Bucharest.

Memasuki musim 1988-1989, Steaua Bucharest lebih mengerikan lagi. Dari 34 pertandingan, 30 di antaranya berhasil dimenangkan. Pun semusim setelahnya dengan torehan 31 kemenangan.

Steaua Bucharest Tetap Pemegang Rekor

Punya legenda sekaliber Gheorge Hagi memang membuat Steaua sulit ditaklukkan. Termasuk saat memulai musim 1989-1990.

Dua pertandingan pertama berhasil disapu bersih dengan tiga angka. Namun, memasuki pekan ketiga sang raksasa terjungkal untuk pertama kalinya.

steaua bucharest
thesefootballtimes

Kekalahan pertama setelah tiga tahun dirasakan tepat hari ini 32 tahun silam. Celakanya, lawan yang mengalahkan mereka adalah sang musuh bebuyutan, Dinamo Bucharest.

Di hadapan 50 ribu suporter Steaua tak berkutik. Mereka kalah melakukan dengan skor 0-3. Hasil ini jelas menyakitkan karena jadi kekalahan pertama dalam 120 penampilan.

Sementara bagi Dinamo, hasil ini adalah balas dendam yang sempurna. Sebab tiga musim sebelumnya mereka selalu dipecundangi Steaua di final Cupa Romaniei.

Terlepas dari kekalahan ini, tetap saja Steaua Bucharest masuk dalam buku sejarah. Total 119 laga tak terkalahkan masih menjadi catatan terlama dalam sejarah olahraga.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img