Syamsir Alam, Dari Uruguay ke Panggung Hiburan dan Kini Main dengan Zidane

Syamsir Alam, Dari Uruguay ke Panggung Hiburan dan Kini Main dengan Zidane 3

Football5star.com, Indonesia – Klub Liga 2, Rans Cilegon FC resmi mengumumkan 31 pemain untuk perhelatan Liga 2 2021. Dari 31 nama tersebut, satu nama yang jadi sorotan dan jadi trending topic di Twitter, Syamsir Alam.

Syamsir Alam ditempatkan dengan dua pemain lain di lini depan Rans Cilegon FC yakni Jujun Junaidi dan Cristian Gonzales. Penunjukkan Syamsir Alam pun membuat warganet di jagat Twitter menjadi gaduh.

- Advertisement -

“Syamsir Alam host MTMA itu ya? Emg doi pemain bola?” kicau salah satu warganet.

“Cuma Rendy (Juliansyah) yg menjanjikan, masih muda & berbakat. Syamsir alam masih bisa main bola?” tambah warganet lainnya.

Pesimistis para warganet ini wajar. Hal ini lantaran pemain kelahiran Agam, 28 tahun lalu itu terakhir tercatat menjadi pemain di klub profesional Indonesia pada 2016. Saat itu, ia bermain di klub Persiba Balikpapan.

Perjalanan karier Syamsir Alam

Syamsir Alam mengawali kariernya SSB Depok. Penampilan Syamsir Alam di SSB ini pun sempat menarik perhatian legenda Indonesia, Ronny Pattinasaranny yang saat itu menjadi pemilik SSB Asiop. Bergabung ke Asiop membuat karier Syamsir di lapangan hijau terbuka.

Ia kemudian masuk ke dalam program pelatihan pesepak bola muda yang digelar PSSI. Program yang bernama Sociedad Anonima Deportiva (SAD) itu membawa Syamsir Alam menimba ilmu ke Uruguay selama empat tahun.

Namanya semakin dikenal publik sepak bola nasional saat membela timnas U-19 di ajang Piala Asia U-19 2007 yang berlangsung di Vietnam. Di ajang itu, ia sempat torehkan rekor dengan mencetak gol tercepat untuk timnas Indonesia. Gol itu ia ceploskan ke gawang Hongkong pada detik ke-18.

Kariernya terus menanjak. Ia pun sempat menimba karier junior bersama klub Belanda SC Heerenveen pada 2009) dan SBV Vitesse pada 2010. Ia lalu bergabung ke klub Belgia, CS Vise. Namun di klub ini, namanya meredup. Ia hanya bermain sebanyak 10 kali selama rentang 2011-2013.

Namanya juga sempat dilirik oleh klub MLS, DC United. Namun di klub ini, Syamsir mendapat perlakukan tak mengenakkan. Kontraknya diputus oleh pihak klub karena masalah indisipliner.

Setelah membela Persiba di 2016, namanya menghilang dari panggung sepak bola. Ia lalu muncul di layar televisi menjadi pembawa acara program televisi bertema petualangan alam Indonesia.

Beberapa waktu lalu di channel Youtube, Hamka Hamzah yang sekarang jadi pelatihnya di Rans Cilegon FC, Syamsir sempat mengatakan sudah pensiun dari sepak bola.

Namun, sekarang ia kembali ke panggung sepak bola dan akan bermain dengan sejumlah nama beken di sepak bola nasional serta pemain-pemain baru seperti M Zidane dan Andri Batistuta.

[better-ads type=’banner’ banner=’156417′ ]

- Advertisement -