Tambah Wasit, Liga 1 Belum Rencana Pakai VAR?

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5Star.com, Indonesia – Meski telah menambah wasit untuk Liga 1, PSSI tampaknya belum mau buru-buru menerapkan Video Assistant Referee (VAR). Mereka menyebut kalau untuk menerapkan VAR di kompetisi, ada banyak hal yang harus dimatangkan.

Seperti diketahui, Liga 1 secara resmi telah memakai enam wasit sekaligus. Keenamnya punya tugas masing-masing, yakni wasit utama, dua hakim garis, satu wasit cadangan, dan dua wasit di dekat gawang.

Wasit Liga 1 Jangan Buru-Buru Ambil Keputusan
Indra Eka Setiawan/ F5S
- Advertisement -

“Untuk Liga 1 musim depan, opsinya ada dipakai lagi sebelum kami punya VAR mungkin ini akan terus ikita lakukan. Apalagi VAR uga tidak mudah, harganya 87 miliar,” ungkap Ketum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media di Bali.

Wasit Liga 1 2021-22 yang Bermasalah Sudah Diistirahatkan
Ilustrasi: Ligaindonesiabaru

“Satu kali laga hampir 200 sampai 250 juta, wasitnya juga harus sekolah dulu. Intinya kami ingin terus memperbaiki kualitas pengadil di lapangan, sehingga menghasilkan laga yang enak ditonton,” sambung dia.

Penerapan VAR di Liga 1 Terkendala Stadion

- Advertisement -

Iriawan menambahkan, penerapan VAR di kompetisi tak cuma soal biaya, tapi jua harus didukung stadion. Masalahnya tak semua stadion bisa menerapkan teknologi ini.

WhatsApp Image 2022 03 06 at 19.38.31 2
@Liga1Match

“Soal VAR, tidak semua stadion bisa menerapkan VAR. Mungkin salah satunya di stadion ini (I Wayan Dipta) bisa, sisanya belum. Oleh karena itu, kita akan tunggu (kajiannya) karena biaya VAR juga mahal, mungkin nanti ada VAR di beberapa stadion,” papar dia.

- Advertisement -

“Saya mungkin minta soal asisten wasit tambahan ini diteruskan, agar kualitas pertandingan membaik. VAR memang dalam pemikiran kami, tetapi tidak mudah juga bagi kami penerapannya, untuk mengarah ke sana ada tahapannya,” tutup dia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img