Tan Cheng Hoe Mundur, Dion Cools Merasa Berdosa

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Tan Cheng Hoe membuat langkah mengejutkan. Merasa bertanggung jawab atas kegagalan timnas Malaysia di Piala AFF 2020, dia mengundurkan diri dari jabatan pelatih. Putusan itu mendapat reaksi beragam, termasuk dari para pemain. Salah satunya bek Dion Cools.

Cools mengaku terkejut dan sedih oleh putusan yang dibuat Cheng Hoe. Dia merasa sang pelatih tak seharusnya mengambil semua tanggung jawab atas kegagalan di Piala AFF 2020. Pemain FC Midtjylland itu bahkan terang-terangan merasa berdosa. Dia merasa jadi sebab pengunduran diri sang pelatih.

Putusan Tan Cheng Hoe mundur dari timnas Malaysia membuat Dion Cools merasa berdosa.
Getty Images
- Advertisement -

“Ini kabar sedih karena kupikir, kami sebagai pemain juga harus ikut bertanggung jawab. Termasuk aku pribadi,” urai Dion Cools seperti dikutip Football5Star.com dari Stadium Astro. “Ini memang bagian dari sepak bola, tapi sungguh bukan hari yang tepat.”

Cools lebih lanjut menegaskan, kegagalan Malaysia mencapai target lolos ke final bukan semata-mata kesalahan Cheng Hoe. Dalam pandangannya, para pemain Harimau Malaya adalah pihak yang paling pantas disalahkan karena tak mampu menanggung ekspektasi itu.

Tan Cheng Hoe Tak Didesak Siapa Pun

- Advertisement -

“Di sepak bola, Anda tak perlu diingatkan soal arti penting pertandingan. Anda harus selalu siap untuk memberikan yang terbaik. Jika Anda analisis pertandingan (lawan Indonesia), kami sebetulnya sempat main bagus, tapi gagal mempertahankannya,” ujar Dion Cools.

Atas dasar itulah, Cools sama sekali tak menyalahkan Tan Cheng Hoe. “Aku datang dengan harapan besar, tapi gagal. Tentu saja, aku kecewa kepada diriku dan tim. Namun, aku tak akan pernah menyalahkan pelatih karena pada akhirnya, kamilah yang bermain di lapangan,” kata dia lagi.

Dion Cools kecewa tak dapat menolong timnas Malaysia asuhan Tan Cheng Hoe di Piala AFF 2020.
fam.org.my
- Advertisement -

Terlepas dari pembelaan Cools, putusan sudah dibuat oleh Cheng Hoe. Pelatih berumur berumur 53 tahun itu mengakui putusan itu dibuat tanpa desakan dari siapa pun. Dia pun tak setuju bila dianggap sebagai kambing hitam kegagalan Harimau Malaya di Singapura.

“Saya tak dipaksa siapa pun untuk meletakkan jabatan. Ini adalah isi hati saya. Tidak mudah bagi saya sebagai pelatih untuk mengambil putusan ini. Saya juga tak merasa dikambinghitamkan. Sebagai pelatih, kita tentu punya target. Ketika gagal, saya harus bertanggung jawab. Itu sebabnya saya meletakkan jabatan,” ujar Tan Cheng Hoe.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img