Tatsuma Yoshida Soal Maksud Perubahan Posisi Hariss Harun

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Singapura menggagalkan kemenangan timnas Indonesia pada leg I semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021). Tertinggal 0-1 oleh gol cantik Witan Sulaeman pada babak pertama, tim asuhan Tatsuma Yoshida menyamakan kedudukan pada babak kedua berkat gol Ikhsan Fandi.

Kesuksesan Singapura menuai hasil imbang 1-1 tak terlepas dari satu perubahan yang dilakukan Yoshida. Setelah tertinggal 0-1, pelatih asal Jepang itu menarik Hariss Harun agak ke belakang. Memasuki babak kedua, sang kapten resmi jadi bek dengan posisinya di tengah diambil alih Anumanthan Kumar.

Hariss Harun ditarik ke belakang oleh Tatsuma Yoshida saat Singapura lawan Indonesia.
affsuzukicup.com
- Advertisement -

Keberadaan Hariss sebagai pelapis Irfan Fandi dan Safuwan Baharudin membuat pertahanan Singapura lebih stabil dan tak mudah ditembus para pemain Indonesia. Dia bisa menutup ruang yang terbuka di area titik penalti saat Irfan dan Safuwan bergerak mundur.

Selepas pertandingan, Yoshida menjelaskan perubahan taktiknya itu. “Kami perlu menenangkan situasi di lapangan. Jadi, saya memutuskan untuk menarik Hariss ke belakang,” urai Tatsuma Yoshida seperti dikutip Football5Star.com dari lama resmi Asosiasi Sepak Bola Singapura.

Maksud Lain Tatsuma Yoshida

- Advertisement -

Akan tetapi, menurut Tatsuma Yoshida, menstabilkan pertahanan timnas Singapura bukan satu-satunya maksud dari perubahan posisi Hariss Harun. Dia mengaku punya maksud lain yang ternyata juga berjalan baik sehingga permainan The Lions pada babak kedua lebih baik dan mampu memberikan ancaman ke pertahanan Indonesia.

“Saya juga ingin dia jadi pembagi bola dan membangun serangan dari belakang bagi kami,” kata pelatih yang mulai menangani timnas Singapura pada 30 Mei 2019 itu. “Pada situasi seperti itu (tertinggal dan terus ditekan), kami perlu mencari solusi baru.”

Tatsuma Yoshida menunjukkan kecerdasannya dengan menarik Hariss Harun ke pertahanan SIngapura.
fas.org.sg
- Advertisement -

Hasil imbang pada leg I jadi modal berharga bagi Singapura untuk menghadapi Indonesia lagi pada Sabtu (25/12/2021). Dari laga itu, Yoshida sudah tahu cara menghadapi permainan tim asuhan Shin Tae-yong yang sempat menyulitkan Vietnam dan membantai Malaysia.

Pada leg II nanti, Tatsuma Yoshida tentu saja mengincar kemenangan. Dia tak menutup kemungkinan untuk mengubah susunan 11 pemain pertamanya karena waktu istirahat yang pendek. “Saya selalu percaya kepada para pemain dan kami akan coba meraih hasil terbaik pada Sabtu nanti,” ucap dia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img