Tebas akan Laporkan FIFA ke CAS karena Larang LaLiga Main di Amerika

BACA JUGA

Football5star.com, Indonesia – FIFA baru saja mengeluarkan keputusan yang menolak memberikan izin kepada LaLiga untuk menggelar laga Barcelona vs Girona di Amerika Serikat. Tidak terima dengan keputusan itu, Presiden LaLiga, Javier Tebas, akan melaporkan induk sepak bola dunia itu ke Badan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

Sebelumnya, melalui presidennya, Gianni Infantino, FIFA melarang kompetisi resmi di suatu negara dilangsungkan di negara lain. Ia pun menegaskan tidak akan memberi rekomendasi pada laga Barcelona melawan Girona yang akan berlangsung di Miami Januari mendatang.

- Advertisement -

Menurut laporan AS, Tebas akan mengambil sikap tegas dalam waktu dekat terkait pelarangan tersebut. Orang nomor satu di kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol itu punya modal kuat untuk mematahkan pelarangan dari Infantino tersebut.

rubiales infantino rfef fifa football5star as com
as.com

Seperti yang dikutip Football5star.com dari Football Espana, syarat-syarat yang harus dipenuhi LaLiga untuk menggelar laga di Amerika adalah mengantongi izin dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF), Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), serta Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Sedangkan FIFA hanya bersifat formalitas saja. Ini juga tercantum dalam statuta induk sepak bola dunia tersebut. “Terlepas dari kewenangan otoritas yang ditentukan oleh peraturan FIFA soal pertandingan internasional, badan ini bisa membuat keputusan akhir soal otorisasi laga atau kompetisi internasional,” demikian peraturan FIFA.

- Advertisement -

“Ini harus diserahkan kepada konfederasi tuan rumah untuk permintaan terakhir, yang akan mencakup semua otorisasi, setidaknya selama 14 hari sebelum tanggal yang diusulkan. Setelah itu, konfederasi terkait harus memberi tahu kepada asosiasi tuan rumah, FIFA, dan konfederasi nontuan rumah, UEFA,”

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img