Dapat Lisensi Pro, Teco Bisa Pimpin Bali United di Kompetisi Internasional

Football5star.com, Indonesia – Bali United bisa bernafas lega. Pelatihnya, Stefano Cugurra Teco kini telah mengantongi lisensi pro dari federasi sepak bola Brasil, CBF.

Sang pelatih sebelumnya terancam tak bisa mendampingi Bali United di kompetisi internasional. Ini tak lepas dari statusnya yang belum memiliki lisensi pro AFC.

- Advertisement -

Maka dari itu Teco pulang ke Brasil beberapa hari lalu guna mengambil lisensi di sana. Dia pun tidak bisa mendampingi Serdadu Tridatu tampil dalam dua pertandingan awal putaran kedua Liga 1.

Stefano Lilipaly dan kolega sejauh ini dipimpin Yogie Nugraha dan Antonio Claudio yang selama ini menjabat sebagai asisten nakhoda asal Brasil.

- Advertisement -

Setelah menjalani kursus kepelatihan di negaranya selama beberapa hari, mantan nakhoda Persija Jakarta akhirnya resmi mendapatkan lisensi pro dari CBF Brasil.

Lisensi pro CBF Brasil setara dengan lisensi pro AFC. Artinya, Teco bisa memimpin Bali United lagi di sisa kompetisi.

- Advertisement -

Tidak hanya itu, dia juga dijamin bisa mendampingi klub Pulau Dewata tampil di kompetisi internasional. Ya, Bali united menjadi wakil Indonesia di Piala AFC dengan status juara Liga 1 musim lalu.

Teco Sejatinya Tak Perlu Pulang ke Brasil

Pelatih 46 tahun terpaksa pulang ke Brasil untuk mengambil lisensi kepelatihan. Padahal sejatinya ia bisa mendapatkan lisensi pro AFC di Indonesia.

baliutd.com

Akan tetapi, PSSI sejauh ini belum membuka kursus kepelatihan lagi. Terakhir kali mereka menggelar kursus lisenssi kepelatihan pada 2020 lalu sebelum pandemic Covid-19.

Kala itu terdapat beberapa pelatih asing yang ikut mengambil lisensi. Salah satunya mantan nakhoda timnas Indonesia, Simon McMenemy.

Tak ada kabar kepastian dari PSSI terkait lisensi, Teco akhirnya memutuskan pulang ke Brasil dan mengambil lisensi di sana.

- Advertisement -