Thierry Henry: Lionel Messi Tak Bersinar Gara-Gara Pochettino

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Ada ekspektasi sangat tinggi dari para fan Paris Saint-Germain ketika Lionel Messi memastikan bergabung dari Barcelona. Namun, hinga saat ini, performa La Pulga belum seperti di klub lamanya. Menurut Thierry Henry, eks striker timnas Prancis, itu tak terlepas dari pelatih Mauricio Pochettino.

Pemain yang melegenda bersama Arsenal itu bahkan secara implisit menuding Pochettino tak mampu menangani Messi. Hal itu didasarkan pada penempatan sang megabintang dalam skema permainan PSG di lapangan hijau yang terbukti tak berjalan baik.

- Advertisement -

Dalam tujuh pertandingan yang telah dilakoni bersama PSG musim ini, Messi tampil di dua posisi. Dia tampil 5 kali sebagai winger kanan dan 2 kali sebagai second striker. Hal itu dinilai kurang tepat oleh Henry karena mereduksi kemampuan dan pengaruh La Pulga di lapangan.

Mauricio Pochettino disebut Thierry Henry tak mampu mengakomodasi Lionel Messi dengan baik dalam taktiknya.
Getty Images

“Dia terisolasi dan lebih jarang menguasai bola. Saya tak bilang dia sedih, tapi terisolasi. Saya lebih suka dia bermain di tengah. Saya tak suka melihat Leo bermain di sisi kanan,” urai Thierry Henry kepada Amazon Prime Video seperti dikutip Football5Star.com dari Metro.

Lebih lanjut, Henry menjelaskan, “Di tengah, dia dapat mengatur tempo. Harus bisa ditermukan cara yang tepat untuk membuat (Kylian) Mbappe, Neymar, dan Messi main bersama. Saya pikir dia tak bisa membuat perbedaan di sisi kanan. Namun, saya tak tahu detail persis pertimbangan dia main di sana.”

Klaim Thierry Henry Tak Sesuai Fakta di Barcelona

Bagi Thierry Henry, Mauricio Pochettino seharusnya menjadikan Lionel Messi sebagai konduktor. La Pulga harus lebih sering mendapatkan bola. Untuk itu, sangat tidak tepat bila dia dipasang lebih ke depan. “Berada di depan membuat dia lebih jarang menguasai bola,” ujar dia.

Henry memaklumi kebingungan yang dialami Pochettino. Pelatih asal Argentina itu masih bimbang menentukan sosok konduktor. “Pada suatu waktu, hanya boleh ada satu konduktor. Tanpa itu, Anda tak akan dapat bermain dengan tempo yang sama,” kata Henry lagi. “Di tim ini, ada terlalu banyak konduktor.”

Lionel Messi bersama Kylian Mbappe dan Neymar belum tampil mengerikan di PSG.
Getty Images

Dalam pandangan Henry, sosok yang saat ini lebih berpengaruh dalam permainan PSG justru Kylian Mbappe. Bola sangat sering mengarah kepada striker timnas Prancis itu. Tak heran bila dia lebih bersinar dari Messi dan Neymar sata berada di lapangan.

Menariknya, klaim Thierry Henry soal posisi Messi yang tak tepat tak sesuai dengan fakta di Barcelona. Seperti di PSG saat ini, di Barcelona pun La Pulga lebih sering beroperasi di sisi kanan. Dari 778 pertandingan, sebanyak 423 laga atau 54,37% dilakoni sebagai winger kanan.

Meskipun demikian, Henry tepat soal peran Messi di lapangan. Di Barcelona, La Pulga adalah pusat permainan. Terlepas dari posisinya, dia bisa bergerak bebas di lapangan dan bola selalu ditujukan kepada dirinya. Inilah yang belum terlihat di PSG di bawah asuhan Pochettino.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img