Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Lolos Lubang Jarum, Melaju ke Semifinal

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Indonesia lolos dari lubang jarum dalam keikutsertaannya di Piala AFF tepat 25 November 2016. Saat itu, Indonesia yang nyaris gugur sukses bangkit dalam laga pamungkas di Grup A.

- Advertisement -

Saat itu, perjuangan timnas yang dikomandoi oleh Alfred Riedl tersebut memang memulai turnamen dengan buruk di Grup A Piala AFF 2016. Indonesia harus takluk 2-4 dari Thailand lantaran hat-trick Teerasil Dangda dan Peerapat Notchaiya cuma dibalas dua via Boaz Solossa serta Lerby Eliandry.

Perjuangan timnas Indonesia kian berat setelah cuma main imbang 2-2 kontra Filipina pada pertandingan kedua. Nasib skuat Garuda lantas ditentukan dalam partai kontra Singapura.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Lolos Lubang Jarum, Melaju ke Semifinal
Goal

Nah, pada laga lawan Singapura di Stadion Rizal Memorial, Manila, 25 November 2016, Indonesia tampil habis-habisan. Namun sekali lagi, posisi skuat Garuda terdesak lantaran Singapura unggul lebih dahulu via Khairul Amri menit ke-27. Keunggulan Singapura itu pun bahkan bertahan hingga menit ke-60.

Timnas Indonesia Akhirnya Bangkit

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Lolos Lubang Jarum, Melaju ke Semifinal
PSSI

Baru, menit ke-62, timnas Indonesia akhirnya mulai main lepas hingga menyamakan kedudukan via Andik Vermansah melalui sepakan kerasnya. Usai gol itu, permainan anak asuh Riedl kian lepas.

Puncaknya terjadi kurang lima menit jelang laga bubaran. Indonesia akhirnya memastikan tiga poin perdana di Grup A lewat gol Stefano Lilipaly. Gol itu sekaligus membawa Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016.

Saat itu, beruntungnya bagi Indonesia, Filipina yang jadi saingan untuk incar runner-up jua takluk dari Thailand. Gol tunggal Sarawut Masuk saat itu jua berjasa membawa Indonesia lolos ke semifinal.

“Ini kemenangan yang cukup berarti bagi Indonesia. Anak-anak bermain bagus dengan menciptakan banyak peluang,” kata Riedl usai laga.

Nostalgia Hari Ini: Timnas Indonesia Lolos Lubang Jarum, Melaju ke Semifinal
Dok. Antara

Kegembiraan serupa jua disuarakan oleh Lilipaly, sang pencetak gol penentu. “Amazing game dan dramatis. Buah dari kerja keras teman-teman semua. Gol ini saya persembahkan untuk semua suporter, tim, dan kakek-nenek saya,” tutup Lilipaly.

Dalam semifinal, skuat Garuda sendiri bertemu dengan Vietnam. Indonesia sukses tampil memukai setelah berhasil menundukkan Vietnam dengan skor 4-3 secara agregat. Meski, pada leg kedua mereka harus berjuang melalui babak tambahan.

Sayangnya, perjuangan timnas Indonesia antiklimaks di final lawan Thailand. Sempat menang 2-1 di kandang, Indonesia gagal juara lantaran takluk 0-2 dari Thailand di leg kedua.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img