Timnas Indonesia vs Yordania, Bikin Sejarah Lagi?

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Setelah kontra Kuwait, timnas Indonesia vs Yordania bakal jadi ujian selanjutnya bagi pasukan Shin Tae-yong di kualifikasi Piala Asia 2023. Bisa bikin sejarah lagi?

Seperti diberitakan sebelumnya, skuat Garuda sukses meraih kemenangan pada laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Dua gol kemenangan timnas Indonesia dicetak oleh Marc Klok pada menit ke-44 via titik putih dan Rachmat Irianto menit ke-46.

Timnas Indonesia vs Yordania, Bikin Sejarah Lagi?
@KuwaitFA
- Advertisement -

Kemenangan atas Kuwait itu juga jadi sejarah buat timnas Indonesia. Karena itu jadi kemenangan perdana mereka sejak 1980 lawan Kuwait. Nah, apakah laga timnas Indonesia vs Yordania bisa jadi sejarah lagi buat Marc Klok dan rekan-rekan?

Jelas, di atas kertas Yordania lebih unggul segala-galanya atas Indonesia. Mereka saat ini duduk di urutan ke-91 di ranking FIFA. Sedang, Indonesia duduk di posisi ke-159. Perbedaan peringkat yang sangat jauh.

Timnas Indonesia vs Yordania, Bikin Sejarah Lagi?
Simon Holmes/Getty Images
- Advertisement -

Terlebih, Yordania faktanya tak pernah kalah dari Indonesia. Dikutip dari 11v11, timnas Indonesia vs Yordania sudah empat kali digelar sejak 2004. Semuanya ditelan oleh Indonesia dengan kekalahan.

Pertemuan skuat Garuda dengan Yordania kali pertama digelar 12 Februari 2004 di Amman. Saat itu, Bambang Pamungkas sempat bawa Indonesia unggul tapi kemudian dibalikkan oleh Yordania via Hassouna Sheikh dan Moayad Salim.

- Advertisement -

Dari empat pertemuan itu, timnas Indonesia sempat menelan kekalahan telak, yakni lima gol tanpa balas dari Yordania. Hal itu terjadi pada 31 Januari 2019. Kali terakhir timnas Indonesia vs Yordania bersua pada uji coba internasional 11 Juni 2019. Kala itu Indonesia yang ditangani oleh Simon McMenemy takluk 1-4 dari Yordania.

Tentu, di atas kertas Indonesia kalah dari Yordania. Tapi, bola itu bundar dan semuanya bisa dibuktikan di atas lapangan, bukan kertas. Faktanya, Indonesia pernah kalahkan Yordania dalam level U-19 pada 2018. Timnas U-19 angkatan Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Asnawi Mangkualam dan Saddil Ramdani yang notabene kini perkuat timnas senior saat itu menang 4-1 atas Yordania.

Timnas Indonesia vs Yordania, Bikin Sejarah Lagi?
Dok. Detikcom

Berikut Head to Head Timnas Indonesia vs Yordania:

12 Februari 2004 – Yordania 2-1 Indonesia
27 Agustus 2011 – Yordania 1-0 Indonesia
31 Januari 2013 – Yordania 5-0 Indonesia
11 Juni 2019 – Yordania 4-1 Indonesia

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img