Iran Tim Asia Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2022 Via Kualifikasi

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5Star.com, Indonesia – Iran berhasil mengalahkan Irak dengan skor 1-0 di pekan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC Grup A (27/1/22). Hasil itu membuat mereka berhasil lolos lebih awal ke Qatar dengan menyisakan 3 laga sisa.

Gol dari bintang Porto, Mehdi Taremi pada menit ke-48 membuat Iran berhasil memantapkan diri di puncak klasemen Grup A dengan raihan 19 poin dari 7 laga. Poin mereka sudah pasti tak bisa dikejar oleh Uni Emirat Arab yang berada di posisi ketiga.

Timnas Iran Jadi Tim Asia Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2022 Via Kualifikasi 2 (@BRFootball)
@BRFootball
- Advertisement -

Hal itu membuat Team Melli dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 akhir tahun nanti. Iran menjadi tim Asia kedua yang lolos ke Piala Dunia 2022 setelah tuan rumah Qatar, pertama yang melalui kualifikasi. Ini adalah ke-6 kalinya mereka akan bermain Piala Dunia.

Laga lawan Irak itu juga bersejarah untuk sepak bola Iran. Lebih dari 2 ribu perempuan menonton laga itu di Stadion Azadi. Itu adalah laga sepak bola besar kedua yang ditonton perempuan Iran di stadion.

- Advertisement -

Pada 2019, untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, ratusan perempuan Iran diizinkan menonton Persepolis melawan Kashima Antlers di final Liga Champions Asia.

FIFA telah lama menuntut agar Iran memberikan jaminan bahwa perempuan akan diizinkan untuk menghadiri kualifikasi Piala Dunia 2022. Para perempuan sebelumnya dilarang menghadiri pertandingan pria dan acara olahraga lainnya di Iran sejak revolusi Iran pada 1979.

Timnas Iran Lolos, Korea Selatan Segera Menyusul

Iran Jadi Tim Asia Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2022 Via Kualifikasi - Korea Selatan (@afcasiancup)
@afcasiancup
- Advertisement -

Setelah Iran berhasil lolos terlebih dahulu, Korea Selatan paling berpeluang besar untuk menyusul pada pekan selanjutnya.

Son Heung-min cs berada di posisi kedua dengan raihan 17 poin. Mereka hanya butuh kemenangan di laga selanjutnya melawan Suriah, Selasa (1/2/22), untuk bisa mengikuti jejak Iran.

Grup B lebih menarik jika berbicara perebutan dua besar. Arab Saudi berada di puncak dengan 19 poin dengan Jepang dan Australia berada selisih 4-5 poin di bawahnya. Dan ketiga tim akan saling bertemu di tiga pekan terakhir.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img