Jerman Khawatir Kosta Rika akan Bertahan Total

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Jerman akan menjalani laga menentukan melawan Kosta Rika pada matchday III Grup E Piala Dunia 2022. Hanya kemenangan yang akan membuka jalan ke babak 16 besar. Di atas kertas, Jerman seharusnya bisa melakukan hal itu. Namun, asisten pelatih Danny Roehl tak mau jemawa.

Roehl meyakini laga melawan Keylor Navas cs. tetap tak akan mudah bagi Die Mannschaft. Secara khusus, dia mewaspadai taktik defensif yang akan diterapkan pelatih Luis Fernando Suarez. Pertahanan berlapis Los Ticos terbukti mampu membuat Jepang frustrasi dan lantas gigit jari, kalah 0-1 pada matchday II lalu.

Danny Roehl meyakini Kosta Rika akan bertahan total saat lawan timnas Jerman.
Getty Images
- Advertisement -

“Kosta Rika akan bertahan dengan penuh semangat. Jadi, kami harus mencari solusi-solusi secara kolektif. Kami harus datang dengan rencana bagus, sangat aktif, dan memaksakan gol saat menguasai bola,” urai Danny Roehl seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi DFB.

Di samping itu, tangan kanan Hansi Flick itu juga mewanti-wanti pertahanan Jerman. “Kami juga harus tetap memikirkan pertahanan, menjaga dari depan, juga di belakang. Malam ini, kami, para pelatih, akan melakukan analisis intensif terhadap Kosta Rika. Kami harus menentukan pemain-pemain yang pas untuk lawan mereka,” ujar dia lagi.

Kosta Rika tak dinilai sebagai lawan mudah oleh Danny Roehl.
Getty Images

Dasar Kekhawatiran Timnas Jerman

- Advertisement -

Kekhawatiran Danny Roehl soal kemungkinan Kosta Rika bertahan total bukan tanpa alasan. Tengok saja penguasaan bola Los Ticos yang hanya 17% saat melawan Spanyol dan 39% ketika meladeni Jepang. Dalam 2 pertandingan itu, Joel Campbell cs. juga hanya total 13 kali memasuki pertahanan lawan.

Ini menjadi masalah karena Jerman tak punya lini depan yang tajam. Dalam 2 laga melawan Jepang dan Spanyol, total upaya percobaan mencetak gol sebanyak 35 kali, tapi tembakan yang mengarah tepat ke gawang hanya 13 atau 37%. Adapun gol yang tercipta hanya 2.

Para pemain timnas Jerman dituntut lebih kreatif saat melawan Kosta Rika.
Getty Images
- Advertisement -

Seperti dikatakan Roehl, timnas Jerman harus lebih kreatif dan mampu menemukan solusi-solusi efektif saat melakukan serangan. Tanpa itu, mereka akan menemui kebuntuan. Publik pun sependapat. Mereka antara lain menuntu Hansi Flick tak lagi memakai taktik false 9. Sebaliknya, dia harus memasang Niclas Fuellkrug dari awal.

Mengenai pemilihan pemain, Marcus Sorg, asisten pelatih lainnya menjelaskan, “Kami memikirkan segalanya, taktik, posisi individual. Kami mempertimbangkan pemain mana yang bisa memberikan efek pada waktu tertentu. Kami terbuka terhadap segalanya, tapi kami juga butuh struktur, stabilitas, dan keamanan. Dari sanalah konsistensi akan datang.”

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img