Tiru Vietnam dan Indonesia, Timnas Malaysia akan Ditangani Pelatih Korsel

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Desakan publik sepak bola Malaysia untuk mengikuti langkah Indonesia dan Vietnam ternyata didengar Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Timnas Malaysia dipastikan akan ditangani pelatih Korsel. Kepastian itu terkuak dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan kabar yang beredar, ditengah debat publik soal calon pengganti Tan Cheng Hoe, FAM diam-diam sudah mengantongi 4 nama pelatih Korsel. Mereka adalah Kim Pan-gon, Kim Byung-so, Park Jin-sub, dan Kim Hak-bum. Dari keempat nama itu pun pilihan mengerucut lagi kepada Pan-gon dan Hak-bum.

Kim Pan-gon disebut-sebut sebagai kandidat kuat pelatih timnas Malaysia.
scmp.com
- Advertisement -

Bahkan, peluang terbesar ada pada Pan-gon. “Nama calon pelatih sudah mengerucut lagi dan beliau ada dalam daftar terakhir. Belum resmi, tapi sudah 95%,” kata seorang sumber FAM yang tak disebutkan namanya seperti dikutip Football5Star.com dari Harian Metro.

Pan-gon adalah pelatih yang mencuat di Hong Kong. Dia membawa South China juara dua kali beruntun pada 2008-09 dan 2009-10. Dia dikenal sebagai pelatih yang mampu meningkatkan fisik para pemain South China. Selain itu, dia pun sempat menjadi direktur akademi, pelatih timnas U-23 dan senior negeri itu.

FAM Umumkan Pelatih Timnas Malaysia Akhir Bulan Ini

- Advertisement -

Sukses di Hong Kong, kecakapan Kim Pan-gon tak disia-siakan Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA). Sejak 2018, dia didapuk sebagai Ketua Komite Pengawas Tim Nasional. Salah satu tanggung jawabnya adalah menentukan pelatih untuk timnas U-23 dan timnas senior.

Selain itu, Pan-gon juga bertanggung jawab untuk memberikan evaluasi dan masukan kepada pelatih timnas U-23 dan timnas senior. Artinya, dia sempat bekerja sama dengan Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia saat ini, hingga selesai Piala Dunia 2018.

Kim Hak-bum jadi salah satu pelatih Korsel yang ada di daftar FAM untuk timnas Malaysia.
the-afc.com
- Advertisement -

Lalu, bagaimana dengan Kim Hak-bum? Sosok ini tak kalah sukses. Dialah yang membawa timnas U-23 Korsel menjuarai Piala Asia U-23 2020 dan merebut medali emas Asian Games 2018. Hak-bum juga sempat menangani Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma pada 1998 hingga 2004.

Terlepas dari siapa sosok yang akan dipercaya nantinya, FAM berencana mengumumkan pelatih timnas Malaysia pada akhir bulan ini atau awal bulan depan. Wakil Presiden FAM, Datuk Mohd Yusoff Mahadi, mengungkapkan pihaknya tengah membahas sosok pengganti Tan Cheng Hoe pada sepanjang Januari ini.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img