Timnas Malaysia Tak Perlu Contek Indonesia atau Vietnam Cuma karena Label Diasuh Pelatih Korsel

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5Star.com, Indonesia – Meski baru saja mendaratkan pelatih asal Korea Selatan, Kim Pan-gon, timnas Malaysia disebut tak usah latah ubah gaya main. Mereka harus tetap punya karakteristik sendiri, siapapun pelatihnya.

Komentar itu disampaikan mantan direktur teknik FAM, Peter de Roo. Penunjukkan Pan-gon memang membuat banyak publik mengira Malaysia ingin sekali mencontoh Vietnam atau Indonesia yang belakangan meningkat berkat juru taktik asal Korea Selatan.

Kim Pan-gon sebagai pelatih baru timnas Malaysia diperingatkan untuk merekrut pelatih lokal sebagai asisten.
mkr.co.kr
- Advertisement -

Namun demikian, pertanyaan publik Malaysia ialah mampukah Kim Pan-gon, dengan sekejab bisa mengubah timnas? Hal itu pula yang disuarakan oleh De Roo.

“Menurut saya, tidak relevan untuk bicara mengenai asal-usul jurulatih itu. Timnas Malaysia tidak perlu berubah seperti Indonesia atau Vietnam, kita hanya perlukan pelatih yang berkemampuan, tak kiralah daripada mana dia berasal,” ungkap De Roo dikutip Berita Harian.

Peter de Roo menyebut Malaysia tak punya pelatih lokal yang lebih bagus dari Tan Cheng Hoe. Timnas Malaysia Tak Perlu Contek Indonesia atau Vietnam Cuma karena Label Diasuh Pelatih Korsel
twentytwo13.my
- Advertisement -

“Saya paham (keberhasilan Vietnam karena pelatih Korea Selatan) tetapi Vietnam bermain dengan baik dan berdisiplin kerana pelatihnya membuat kerja dengan baik, bukan sebab dia (Park Hang-seo) dari Korea Selatan,” sambung dia.

Timnas Malaysia Jangan Terjebak

Menurutnya, Malaysia tak boleh terjebak dengan label pelatih asal Korsel. Menurutnya, ada pula pelatih asal Negeri Gingseng itu yang tak sesuai harapan.

Timnas Malaysia disebut Sarbegeth Singh tak perlu pelatih tetap pada tahun ini.
Getty Images
- Advertisement -

“Ada juga pelatih yang buruk dari Korea Selatan ataupun dari tempat asal saya, Belanda. Ini bukan isu kewarganegaraan tetapi lebih kepada faktor kualitas. Apa yang penting dia dapat membawa timnas ke tahap lebih tinggi,” papar dia.

“Saya harap dia (Kim Pan-gon) dapat melakukan tugasnya dan sebaik Cheng Hoe. Tidak kisah dari mana, asalkan dia pelatih yang baik tetapi jelas dia perlu mengisi kekosongan yang besar selepas kepergian Cheng Hoe,” tutup dia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img