Malaysia Dituding Tiru Indonesia, Begini Reaksi Presiden FAM

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Malaysia akhirnya memiliki pelatih baru. Jumat (21/1/2022), Presiden FAM Datuk Hamidin Mohd Amin mengumumkan pelatih asal Korsel, Kim Pan-gon, sebagai suksesor Tan Cheng Hoe yang mundur selepas kegagalan di Piala AFF 2020.

Langkah FAM menunjuk pelatih asal Korsel itu mendapatkan cibiran. Sebagian orang menyebut Malaysia mencontek langkah yang diambil Vietnam dan Indonesia. Seperti diketahui, Vietnam menunjuk Park Hang-seo sebagai pelatih pada 2017, sedangkan Indonesia mengontrak Shin Tae-yong pada 2020.

Datuk Hamidin Mohd Amin memastikan penunjukan Kim Pan-gon bukan ikuti Vietnam dan Indonesia.
Facebook FA Malaysia Official
- Advertisement -

Penunjukan pelatih Korsel itu berbuah manis. Coach Park mampu membawa timnas Vietnam juara Piala AFF 2018. Setahun kemudian, dia membawa Vietnam merebut medali emas SEA Games. Adapun Coach STY mampu melakukan regenerasi di timnas Indonesia dan secara mengejutkan lolos ke final Piala AFF 2020.

Tak ayal jika kesuksesan Vietnam dan Indonesia itu dituding sebagai dasar pemilihan Pan-gon sebagai pelatih baru timnas Malaysia. Namun, hal itu dibantah Presiden FAM. Pada jumpa pers, Hamidin Mohd Amin menegaskan FAM tak mengekor langkah PSSI dan VFF dengan menunjuk pelatih Korsel.

Pilihan Terbaik untuk Timnas Malaysia

- Advertisement -

Datuk Hamidin menegaskan, pemilihan pelatih baru timnas Malaysia tidak didasarkan pada kesuksesan negeri tetangga di Asia Tenggara. Menurut dia, FAM mencoba mencari pilihan terbaik dan kebetulan saja itu adalah pelatih Korsel.

“Kalau kami ambil pelatih dari Inggris, nanti ada yang mempersoalkan orang Inggris tidak tahu sepak bola kita. Kami sudah membuat kajian khusus dan menyeluruh sebelum menjatuhkan pilihan,” urai Presiden FAM seperti dikutip Football5Star.com dari Berita Harian.

Kim Pan-gon menerima jadi pelatih baru timnas Malaysia karena melihat potensi besar dan visi FAM.
Getty Images
- Advertisement -

Lebih lanjut, Hamidin menambahkan, “Berdasarkan penilaian kami, dia (Pan-gon) adalah pilihan terbaik yang bisa kami dapatkan saat ini. Kami menilai dia paling mampu untuk menaikkan peringkat kita di ASEAN dan Asia.”

Sebelumnya, saat mengumumkan pelatih baru timnas Malaysia, Hamidin menyebut beberapa kriteria yang dipenuhi Kim Pan-gon. Di antaranya adalah pernah menangani timnas lain sebelumnya, fasih berbahasa Inggris, serta tahu peta sepak bola Asia dan ASEAN.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img