Timnas Malaysia Coba Ambil Keuntungan di Kualifikasi Piala Asia 2023

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Malaysia coba mengambil keuntungan pada gelaran putaran III Kualifikasi Asia 2023. Caranya, mereka akan mengajukan diri untuk jadi tuan rumah. Hal itu dipastikan dalam sidang Komite Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sudah memutuskan perubahan format untuk putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023. Jika sebelumnya babak ini digelar dengan format grup dan laga kandang-tandang, kini diubah jadi round robin secara terpusat di salah satu negara peserta.

FAM telah mengajukan proposal kepada pemerintah agar timnas Malaysia jadi tuan rumah putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023.
fam.org.my
- Advertisement -

Menyikapi hal itu, FAM sudah sejak lama membuka wacana mengajukan diri sebagai tuan rumah. Namun, hal itu baru diputuskan secara resmi dalam sidang Komite Eksekutif FAM pada 15 November lalu. Hal tersebut dinyatakan dalam rilis resminya.

“FAM telah mengajukan proposal kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Komisioner Olahraga guna menjadi tuan rumah untuk putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022,” urai FAM seperti dikutip Football5Star.com dari laman resminya.

Nasib Timnas Malaysia di Tangan Menpora

- Advertisement -

Putusan FAM tetap mengajukan proposal untuk jadi tuan rumah putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023 terbilang di luar dugaan. Pasalnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu, pada akhir Oktober sempat menutup kemungkinan timnas Malaysia jadi tuan rumah.

Kala itu, Faizal Azumu menegaskan, prioritas pemerintah Malaysia saat ini adalah pemulihan ekonomi masyarakat. Menurut sang menteri, kemungkinan hanya terbuka bila jadi tuan rumah babak kualifikasi itu akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat.

Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu mengatakan fokus pemerintah Malaysia saat ini adalah pemulihan ekonomi masyarakat.
thestar.com.my
- Advertisement -

“Saya kira bila turnamen itu dapat memastikan fan berbondong-bondong dan mengembalikan wisata olahraga, kami masih dapat mempertimbangkannya,” urai Faizal Azumu seperti dikutip Bernama. “Saya senang dengan hal itu, tapi kami harus memberi prioritas pada ekonomi masyarakat. Pemerintah saat ini fokus pada pemulihan ekonomi pascapandemi.”

Putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung pada 8, 11, dan 14 Juni 2022 untuk mencari juara grup dan 5 runner-up terbaik dari 6 grup. Mereka akan melengkapi 12 tim yang sudah lolos. Satu tim lain adalah timnas Cina sebagai tuan rumah. Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 17 Juni hingga 16 Juli 2023.

Selain timnas Malaysia, ada 6 tim lain dari Asia Tenggara yang akan berlaga pada putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka adalah timnas Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Myanmar, dan Filipina. Adapun satu-satunya yang sudah memastikan lolos ke putaran final adalah timnas Vietnam.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img