Laga Perdana Piala AFF 2020, Timnas Myanmar Cuma Bisa Turunkan 10 Pemain

BACA JUGA

Banner Baru Gamespool

Football5star.com Indonesia – Kabar buruk menerpa timnas Myanmar jelang laga perdana Piala AFF 2020, Minggu (5/12/2021). Menghadapi tuan rumah, Singapura, dalam pertandingan pembuka, cuma 13 pemain Myanmar yang siap tempur. Itu pun sudah termasuk 4 kiper.

- Advertisement -

Di dalam daftar skuat Myanmar yang berangkat ke Singapura, pelatih Antoine Hey sejatinya membawa 27 pemain. Namun, 10 pemain terpaksa masih harus menjalani karantina. Ke-10 pemain itu pun hampir pasti melewati sesi latihan terakhir jelang melawan Singapura.

Timnas Myanmar Piala AFF 2020 1 - MFF
MFF.org

Dikurang 10 pemain itu, artinya Myanmar masih memilik 17 nama tersisa. Sialnya, dari 17 pemain itu, 4 di antaranya tengah mengalami cedera. Berarti, kini tersisa 13 pemain di skuat Myanmar. Namun, cuma 9 outfield players yang tersedia karena 4 lainnya merupakan penjaga gawang.

- Advertisement -

“14 pemain kemungkinan besar tidak bisa bermain, jadi saya hanya memiliki 13 nama (termasuk 4 kiper) di skuat. Kami akan berusaha yang terbaik dan melihat apa yang akan terjadi dalam 24 jam ke depan,” ujar Hey, dikutip Football5star dari media Vietnam.

Timnas Myanmar Cuma Bisa Turunkan 10 Pemain

Seperti dikabarkan Straitstimes, 10 pemain Myanmar yang harus menjalani isolasi kemungkinan dinyatakan positif Covid-19 hasil tes pada 3 Desember. Sejauh ini pihak otoritas berwenang di Singapura belum membuat keputusan final karena masih menunggu hasil tes berikutnya.

- Advertisement -

Jika ke-10-nya benar-benar tak bisa tampil, berarti timnas Myanmar kemungkinan hanya bisa menurunkan 10 pemain pada laga melawan Singapura. Sementara di bangku cadangan, hanya ada 3 pemain yang semuanya penjaga gawang.

Timnas MYanmar vs Burundi jelang Piala AFF 2020 - MFF
MFF.org

Kondisi ini memang merugikan meski tak menyalahi regulasi. Pasalnya, dalam aturan yang diberlakukan FIFA, setiap tim boleh hanya memainkan sedikitnya 7 pemain di lapangan. Jika kurang dari itu, tim yang bersangkutan akan dinyatakan kalah WO.

Situasi ini semakin membuat Myanmar terdesak karena sebelumnya juga sudah didera segudang masalah. Termasuk sejumlah pemain andalan seperti kiper Kyaw Zin Htet, striker Aung Thu dan Kyaw Ko Ko, yang menolak gabung timnas karena persoalan politik di negaranya.

Timnas Myanmar Berharap Keajaiban

Pandemi Covid-19 serta panasnya situasi politik di Myanmar juga membuat kompetisi tak bisa digelar dalam waktu lama. “Kami kesulitan dalam persiapan. Mencari pemain ketika tidak ada kompetisi benar-benar sulit. Kami sudah membangun tim sejak Mei, tapi skuat yang ada tidak cukup kompetitif,” bilang Hey menambahkan.

Timnas Myanmar vs Manavgat Belediyespor FC jelang Piala AFF 2020 - MFF
MFF.org

Dalam persiapannya menjelang Piala AFF 2020, Myanmar menjalani pemusatan latihan di Turki. Mereka dua kali menang melawan tim amatir setempat, serta dua kal kalah melawan Burundi dan Indonesia. Kondisi itu membuat Hey dilanda pesimistis bisa memetik hasil baik lawan tuan rumah.

“Melihat realita, Singapura punya peluang besar memenangi laga lawan tim yang sedang mengalam situasi sulit seperti Myanmar. Memang, dalam sepak bola apa pun bisa terjadi. Singapura juga mendapat tekanan dalam statusnya sebagai tuan rumah dan unggulan,” ucap Antoine Hey memungkasi.

Dalam sejarah Piala AFF, pencapaian terbaik Myanmar adalah menembus semifinal pada edisi 2016. Dalam 7 pagelaran terakhir, mereka sudah 6 kali gagal lolos dari babak grup.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img