Tersisih dari Piala Dunia, Timnas Qatar Alih Fokus ke Piala Asia 2023

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Kiprah timnas Qatar di Piala Dunia 2022 dipastikan terhenti pada fase grup. Tim asuhan Felix Sanchez sudah pasti gagal finis di posisi 2 besar Grup A sekalipun pada matchday III nanti mampu menang sangat telak atas Belanda. Gara-garanya, mereka gagal meraih poin pada dua matchday awal.

Al-Annabi mengalami kekalahan 0-2 dari Ekuador pada laga pembuka, 20 November lalu. Berikutnya, tim asuhan Sanchez lagi-lagi harus gigit jari, gagal meraih poin, kala melawan Senegal pada matchday II, Jumat (25/11/2022). Akram Afif cs. takluk 1-3. Kepastian tersisih didapatkan setelah Belanda imbang 1-1 dengan Ekuador.

Felix Sanchez mulai memikirkan persiapan timnas Qatar ke Piala Asia 2023.
Getty Images
- Advertisement -

Sudah tersisih, fokus Al-Annabi pun kini beralih. Selepas pertandingan melawan Senegal, dia mengisyaratkan tim asuhannya mulai berpaling pada ajang berikut yang akan diikuti, yakni Piala Asia 2023. Pelatih asal Spanyol itu memberikan sedikit bocoran mengenai rencananya untuk ajang tersebut.

“Kami punya beberapa pemain muda dan pemain-pemain yang lebih berpengalaman. Target kami sangat jelas. Kami akan melakukan alih generasi. Beberapa pemain akan pergi, beberapa yang lain akan datang,” urai Felix Sanchez seperti dikutip Football5Star.com dari The Peninsula Qatar.

Timnas Qatar dipastikan tersisih dari Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Senegal dan Ekuador.
Getty Images

Timnas Qatar Belum Habis

- Advertisement -

Meskipun demikian, Felix Sanchez menegaskan tim yang berlaga di Piala Dunia kali ini belumlah habis. Dia yakin Al-Annabi masih bisa lebih berkembang lagi dengan beberapa perubahan yang nanti dilakukan. Piala Asia 2023 akan jadi ajang pembuktiannya.

“Kami mungkin punya pemain-pemain baru pada Piala Asia tahun depan. Beberapa pemain tak dapat tampil dengan permainan terbaik untuk waktu lama. Namun, ini bukan akhir sebuah siklus,” kata pelatih yang mulai berkiprah di sepak bola Qatar sebagai pelatih Aspire Academy pada 2006 tersebut.

Timnas Qatar berstatus juara bertahan pada Piala Asia 2023.
the18.com
- Advertisement -

Di Piala Asia 2023, timnas Qatar berstatus juara bertahan. Mereka adalah juara pada gelaran Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab. Ketika itu, anak-anak asuh Sanchez merebut gelar juara berkat kemenangan 3-1 atas Jepang pada partai final. Komposisi tim kala itu hampir sama dengan yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Selain sebagai juara bertahan, Qatar juga bertindak sebagai tuan rumah. Mereka dipilih AFC sebagai pengganti Cina yang mengundurkan diri karena menghadapi krisis COVID-19. Dalam pemilihan tuan rumah baru, mereka mengalahkan Indonesia, Korea Selatan, dan Australia.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img