Timnas Vietnam Batal Lawan India karena Sanksi FIFA

BACA JUGA

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Vietnam dipastikan batal menghadapi timnas India pada FIFA matchday bulan depan. Hal itu terjadi setelah India dijatuhi sanksi berat oleh FIFA. Tadinya, bersama Singapura, negara Anak Benua tersebut akan jadi lawan tim asuhan Park Hang-seo pada turnamen mini yang digelar 21-27 September.

India dijatuhi sanksi keras oleh FIFA karena adanya intervensi atau campur tangan pihak ketiga di tubuh Asosiasi Sepak Bola India (AIFF) terkait pemilihan ketua umum. Seperti halnya pernah dialami Indonesia, campur tangan pihak ketiga termasuk pelanggaran terhadap Statuta FIFA dan sanksinya tak main-main.

Timnas India dipastikan batal menghadapi timnas Vietnam karena dijatuhi sanksi FIFA.
khelnow.com
- Advertisement -

Sebagai konsekuensinya, India tak boleh berpartisipasi pada semua laga internasional yang berada di bawah naungan FIFA. Tak terkecuali di Piala Asia 2023. Posisi mereka digantikan timnas Filipina. India juga batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 Wanita. Lalu, klub-klub mereka pun secara otomatis didiskualifikasi dari kompetisi antarklub Asia.

Bagi Vietnam, penjatuhan sanksi untuk India itu jadi PR tersendiri. Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) kini harus mencari lawan baru untuk timnas Vietnam. Itu tidak mudah karena waktu yang mepet, hanya tinggal sekitar 5 pekan. Sebelumnya, VFF dikabarkan menerima penolakan dari PSSI.

VFF Segera Cari Lawan Baru untuk Timnas Vietnam

- Advertisement -

Menyikapi hal tersebut, VFF kini mulai bergerak untuk mencari lawan baru bagi timnas Vietnam. Pasalnya, dua laga pada September nanti dipandang penting oleh pelatih Park Hang-seo sebagai persiapan jelang gelaran Piala AFF 2022. Sang pelatih terang-terangan menargetkan juara lagi seperti pada 2018.

“India tidak akan bisa pergi ke Vietnam untuk bermain pada bulan depan karena sanksi FIFA berlaku begitu diumumkan. Ini juga berpengaruh terhadap rencana awal timnas Vietnam,” urai seorang staf VFF seperti dikutip Football5Star.com dari Thanh Nien.

Para pemain timnas Vietnam akan dikumpulkan pada 17 September 2022.
vff.org.vn
- Advertisement -

Lebih lanjut, dia optimistis VFF akan dapat menemukan tim pengganti India untuk uji tanding pada FIFA matchday periode September nanti. “Karena waktunya kurang lebih 1 bulan lagi, VFF akan secara aktif mencari dan bernegosiasi dengan tim lain. Ini bukanlah masalah besar bagi kami,” kata dia.

Awalnya, pada 21-27 September nannti, timnas Vietnam akan menghadapi Singapura dan India pada sebuah turnamen dengan sistem round robin. Tim dengan nilai tertinggi nantinya akan dinobatkan sebagai juara. Menghadapi turnamen itu, para pemain The Golden Star Warriors akan mulai berkumpul pada 17 September.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img