Timnas Vietnam Terus Ancam Rekor Milik Singapura di Piala AFF

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5Star.com, Indonesia – Terus tak terkalahkan. Begitulah timnas Vietnam di Piala AFF. Hingga laga melawan timnas Indonesia yang berakhir imbang 2-2, The Golden Star Warriors sudah menjalani 12 laga tanpa kalah pada ajang dua tahunan di Asia Tenggara tersebut.

Vietnam mengalami kekalahan terakhir pada leg I semifinal Piala AFF 2016. Ketika itu, mereka takluk 1-2 dari Indonesia. Setelah itu, mereka memulai catatan apik dengan menuai hasil imbang 2-2 pada leg II semifinal. Memasuki gelaran Piala AFF 2018, saat juara, Vietnam membukukan 6 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Timnas Vietnam mengalami kekalahan terakhir di Piala AFF dari Indonesia pada 2016.
Getty Images
- Advertisement -

Catatan tak terkalahkan The Golden Star Warriors terus berlanjut pada Piala AFF 2020. Tim asuhan Park Hang-seo membukukan kemenangan atas Laos dan Malaysia sebelum ditahan 0-0 oleh Indonesia lewat laga yang sangat melelahkan karena lawan tampil bertahan.

Torehan 12 laga tanpa kekalahan itu membuat Vietnam terus mengancam rekor milik Singapura. Di ajang Piala AFF, The Lions membukukan 21 laga tak terkalahkan dari 2002 hingga 2008. Meskipun demikian, mereka sebetulnya sempat kalah 1-2 dari Myanmar pada leg II semifinal Piala AFF 2004, tapi lantas menang 4-2 lewat perpanjangan waktu.

Timnas Vietnam Sempurna bersama Coach Park

- Advertisement -

Catatan apik timnas Vietnam di Piala AFF itu tentu saja tak terlepas dari tangan dingin pelatih Coach Park Hang-seo. Faktanya, 11 dari 12 laga tak terkalahkan di ajang ini dibukukan bersama eks asisten Guus Hiddink saat menangani timnas Korea Selatan tersebut.

Secara keseluruhan, Vietnam di tangan Coach Park memang digdaya di Asia Tenggara. Hingga laga lawan Indonesia, dia total telah menjalani 33 laga melawan tim-tim ASEAN tanpa pernah menelan kekalahan. Rinciannya, 19 pertandingan bersama timnas senior dan 14 laga bersama timnas U-23.

Park Hang-seo telah membuat timnas Vietnam tak kalah dari rival-rival di ASEAN.
zingnews.vn
- Advertisement -

Tangan dingin Coach Park juga sudah berbuah dua gelar. Pertama, The Golden Star Warriors menjuarai Piala AFF 2018. Kedua, mereka meraih medali emas cabang sepak bola pada SEA Games 2019 dengan mengalahkan Indonesia pada partai puncak.

Menilik catatan apik tersebut, tak heran bila timnas Vietnam selalu optimistis setiap kali berhadapan dengan rival-rival di Asia Tenggara. Tak terkecuali saat menghadapi Kamboja pada matchday terakhir fase grup Piala AFF 2020 yang akan sangat menentukan nasib mereka.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img