Villarreal Juara Liga Europa Bersama 11 Pemain Binaan Sendiri

BACA JUGA

Banner Gamespool

Football5star.com, Indonesia – Villarreal resmi menyabet gelar Liga Europa musim ini. Di final yang berlangsung di Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021) dinihari WIB mereka mengalahkan Manchester United.

- Advertisement -

Bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan, pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak ini Villarreal membuktikan keperkasaannya dengan menang 11-10.

Bagi klub berjuluk The Yellow Submarines, juara ini sekaligus sejarah baru. Ini adalah trofi Eropa pertama mereka.

Satu sosok dibalik kesuksesan ini tentu saja Unai Emery. Selama ini dia dicap sebagai penguasa Liga Europa. Maklum saja, dari lima final yang dilakoni, empat kali berujung juara.

Tapi Emery bukan satu-satunya yang berjasa. Yang pantang dilupakan adalah akademi Villarreal yang terus memunculkan talenta hebat. Di Gdansk dinihari tadi mereka membuktikan mampu angkat piala dengan pemain binaan sendiri.

Bukan dua atau lima pemain yang berasal dari akademi sendiri. Tapi ada 11 pemain yang diboyong Unai Emery ke final Liga Europa.

Ke-11 pemain tersebut adalah Mario Gaspar, Gerard Moreno, Pau Torres, Samuel Chukwueze, Manu Trigueros, Yeremi Pino, Dani Raba, Fernando Nino, Alex Baena, Moi Gomez, dan Alfonso Pedraza.

Lebih hebat lagi, dari 11 pemain itu hanya Fernando Nino dan Alex Baena yang tak dimainkan. Sedangkan sisanya diturunkan Unai Emery, lima diantaranya bahkan sebagai starter.

Kesuksesan Villarreal ini memang memunculkan banyak cerita menakjubkan. Selain karena mengandalkan mayoritas pemain akademi sendiri, mereka juga jadi klub dari kota terkecil yang mampu juara di Eropa.

Untuk diketahui, kota Villarreal hanya memiliki populasi 50 ribu jiwa. Bisa dibayangkan betapa sepinya kota tersebut saat sekitar 10 ribu fan datang ke Gdansk dinihari tadi.

- Advertisement -

You Might also like

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img