Wasit Inggris vs Denmark Sempat Minta Maaf untuk Kesalahan Fatalnya

BACA JUGA

Gamespool new banner 2

Football5star.com Indonesia – Wasit Danny Makkelie menjadi sorotan akibat keputusan kontroversialnya pada laga semifinal EURO 2020, Inggris vs Denmark. Menariknya, beberapa waktu lalu dia sempat meminta maaf setelah melakukan kesalahan fatal di sebuah pertandingan.

Dalam pertandingan Inggris vs Denmark di Stadion Wembley, Kamis (8/7) WIB, Makkelie memang mencuri panggung. Dia dinilai membuat keputusan kontroversial ketika memberi hadiah penalti kepada Inggris pada menit ke-103.

Raheem Sterling Inggris vs Denmark EURO 2020 - Getty Image
Getty Image
- Advertisement -

Ketika itu, pelanggaran terhadap Raheem Sterling membuatnya menunjuk titik putih. Bahkan, dipertegas setelah berkonsultasi dengan operator VAR (video assistant referee).

Sejumlah pihak menilai, pelanggaran kecil yang dilakukan Joakim Maehle itu tak sepatutnya diganjar penalti. Bahkan, ada pula yang menuding Raheem Sterling melakukan diving untuk mengecoh wasit.

- Advertisement -

Tak cuma itu. Ketika Sterling melakukan akeselerasi dengan bola sebelum terjadi pelanggaran, Danny Makkelie pun disebut membuat kesalahan. Saat itu ada bola lain yang masuk ke lapangan tak jauh dari posisi Sterling serta para pemain bertahan Denmark.

Inggris vs Denmark The Three Lions Masuk Final Euro Untuk Pertama Kalinya
Twitter @EURO2020

Makkelie membiarkan kejadian itu dengan anggapan kehadiran bola lain tak mengganggu permainan. Keputusan itu juga ikut menjadi perdebatan di kalangan publik. Melalui dua insiden di laga Inggris vs Denmark itu, pengadil asal Belanda tersebut ramai menuai kritik.

- Advertisement -

Akibat insiden itu, gelandang timnas Denmark, Pierre-Emile Hojbjerg, menuntut agar wasit sepatutnya memberi klarifikasi di depan publik. “Mulai sekarang, kalian pasti menginginkan wasit berbicara di depan kamera,” bilang dia.

Sebelum Inggris vs Denmark, Danny Makkelie Sempat Bikin Cristiano Ronaldo Marah Besar

Menariknya, Danny Makkelie sebelumnya juga sempat disorot akibat melakukan satu kesalahan fatal. Peristiwa itu terjadi dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, Portugal vs Serbia, pada Maret silam.

Wasit yang juga berprofesi sebagai polisi itu tak mengesahkan gol Cristiano Ronaldo karena dinilai belum melewati garis gawang. Kala itu, tak ada VAR dalam pertandingan. Sementara dalam tayangan ulang, bola terlihat jelas sudah seluruhnya melewati garis gawang.

Danny Makkelie Cristiano Ronaldo Serbia vs Portugal - Daily Mail
Daily Mail

Momen itu membuat Ronaldo begitu berang. Dia sampai membanting ban kaptennya ke rumput dan meninggalkan pertandingan yang menyisakan beberapa menit terakhir.

Sadar dengan kesalahan yang berimbas buruk terhadap Selecao Das Quinas, Makkelie sempat melontarkan permintaan maaf dalam wawancara dengan media Portugal, A Bola.

“Satu-satunya yang bisa saya katakan adalah, saya minta maaf kepada pelatih Portugal, Fernando Santos. Sebagai wasit, kami sudah bekerja keras untuk membuat keputusan yang tepat. Ketika kami berada di tengah sorotan seperti ini, kami tak senang,” ujarnya kala itu.

- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img