Xavi Hernandez: El Clasico Bisa Jadi Titik Balik bagi Barcelona!

Football5Star.com, Indonesia – Xavi Hernandez antusias menatap laga El Clasico pada semifinal Piala Super Spanyol, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB. Dia menilai laga lawan Real Madrid adalah kesempatan emas untuk mengukur diri dan bisa jadi titik balik bagi Barcelona yang masih terseok-seok di LaLiga.

Barcelona menatap El Clasico dengan hanya menuai 2 kemenangan dari 7 laga terakhir. Sementara itu, Madrid hanya 1 kali kalah dari 17 laga terakhir. Perbedaan performa itu diakui Xavi. Namun, hal itu tak membuat dia gentar. Sebaliknya, dia menilai hal tersebut sebagai tantangan menarik.

Getty Images
- Advertisement -

“Pertandingan ini adalah kesempatan besar untuk mencapai final dan bisa jadi titik balik bagi kami. Madrid adalah tim dengan performa terbaik di Spanyol. Posisi di klasemen menunjukkan hal itu. Namun, ini adalah kompetisi yang sama sekali berbeda,” urai Xavi Hernandez seperti dikutip Football5Star.com dari Diario Sport.

Lebih lanjut, Xavi mengungkapkan, “Mencapai final dapat menjadi titik balik. Namun, apa pun yang terjadi, kami akan realistis. Ini pertandingan penting sekaligus ujian berat. Laga ini akan menunjukkan di mana posisi kami setelah saya dua bulan bertugas.”

Xavi Hernandez Sangat Paham Soal El Clasico

- Advertisement -

Laga semifinal Piala Super Spanyol nanti akan jadi El Clasico pertama bagi Xavi Hernandez sebagai pelatih. Namun, sebagai pemain, dia sudah sangat familiar dengan big match yang satu ini. Sepanjang kariernya, dia menjalani 42 El Clasico dengan 17 kali memenanganinya.

Bercermin pada pengalamannya, Xavi optimistis Barcelona tak akan inferior di hadapan Real Madrid pada laga nanti. Perbedaan besar dalam performa dan posisi di klasemen tak pernah jadi penentu pada laga El Clasico. Tim yang tengah terpuruk pun bisa tiba-tiba bangkit dan memetik kemenangan.

Getty Images
- Advertisement -

El Clasico selalu tak bisa diterka. Saya sudah mengalami semua macam El Clasico. Kami pernah datang sebagai favorit kuat, tapi malah kalah. Namun, pada kesempatan lain, kami tak diunggulkan, tapi justru mampu menang atau imbang di Bernabeu,” ujar Xavi lagi.

Andai menang atas Real Madrid, Barcelona akan lolos ke final Piala Super Spanyol. Tim asuhan Xavi Hernandez akan menghadapi pemenang laga Atletico Madrid vs Athletic Bilbao. Pada musim lalu, El Barca lolos ke final setelah menang adu penalti atas Real Sociedad, tapi lantas kalah lewat perpanjangan waktu dari Bilbao.

- Advertisement -