Beranda Berita Wonderkid Dortmund Sempat Ingin Berhenti Main Bola

Wonderkid Dortmund Sempat Ingin Berhenti Main Bola

Youssoufa Moukoko sempat tak tahan oleh pemberitaan terutama soal umurnya.

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah pengakuan mengejutkan diungkapkan Youssoufa Moukoko, wonderkid Borussia Dortmund. Pemain berumur 16 tahun itu mengaku sempat ingin berhenti main sepak bola karena merasa sangat tertekan.

Tampil luar biasa bersama tim junior Dortmund pada berbagai level, Moukoko jadi harapan Jerman yang sedang tak memiliki striker ulung. Dia disebut-sebut sebagai pemain yang akan mengambil tongkat estafet dari Miroslav Klose, sang pemegang rekor gol terbanyak di timnas Jerman.

Meskipun demikian, bukan ekspektasi besar itu yang membuat Moukoko tertekan. Dia mengaku sangat terpukul dan terganggu oleh perdebatan soal usianya. Dia merasa sangat marah dan kesal karena dituding beberapa pihak melakukan pemalsuan umur.

“Pada awalnya, berbagai laporan media begitu membuatku tertekan, terutama saat usiakui diperdebatkan,” ujar Youssoufa Moukoko seperti dikutip Football5Star.com dari Westdeutsche Allgemeine Zeitung. “Aku tak lagi ingin melakukan hal ini.”

Toh, pada akhirnya, Moukoko mengurungkan niat untuk berhenti bermain sepak bola. Itu terutama karena dorongan penuh dari pelatihnya, Sebastian Geppert. “Aku ingin berhenti saja. Namun, pelatihku sangat membantu. Dia memberikan dorongan kepadaku. Aku pun dapat melupakan semuanya di lapangan,” ucap dia.

Youssoufa Moukoko Buat Marco Rose Terkesan

Dukungan itu tak sia-sia, Youssoufa Moukoko meneruskan kariernya dan melakoni debut di Bundesliga pada 21 November 2020 saat Borussia Dortmund menang 5-2 di kandang Hertha Berlin. Sepanjang musim, dia total turun dalam 14 pertandingan dan mengemas 3 gol. Itu karena dia mengalami cedera ligamen lutut.

Kini, memasuki musim baru, Moukoko tak mau muluk-muluk. Pemain berdarah Kamerun itu sadar akan sangat sulit bahkan mustahil menggeser Erling Haaland dari posisi striker utama. Baginya, hal terpenting adalah menambah jam terbang dan memberikan kontribusi lebih baik. Intinya, dia ingin membuat pelati Marco Rose terpesona.

Getty Images

“Aku ingin mengumpulkan menit bermain lebih banyak dari musim pertamaku, mencetak lebih banyak gol, dan membuat lebih banyak assist juga. Aku selalu ingin dalam kondisi siap saat tim membutuhkanku. Tentu saja akan sulit, tapi aku yakin pada kemampuanku. Aku butuh waktu bermain. Aku yakin akan mendapatkan lebih banyak waktu bermain,” urai Moukoko lagi.

Soal ambisi bersama Dortmund musim ini, Youssoufa Moukoko hanya mengamini perkataan Marco Reus yang yakin bisa bersaing meraih gelar. Dia berambisi menjuarai Bundesliga dan akan sangat bersyukur bila Dortmund mampu berbicara banyak di Liga Champions

[better-ads type=’banner’ banner=’156435′ ]