Zulham Zamrun, Dua Kali Raih Gelar Pemain Terbaik dalam Empat Tahun

BACA JUGA

Banner live dan podcast baru

Football5star.com – PSM Makassar berhasil menjuarai Piala Indonesia setelah menang 2-1 secara agregat atas Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8/2019). Gelar PSM kian lengkap setelah dua pemainnya, yakni Zulham Zamrun dan Asnawi Mangkualam jadi yang terbaik dalam turnamen ini.

Penghargaan ini jelas sangat istimewa buat pemain asal Ternate tersebut. Sebab dalam kurun empat tahun terakhir, Zulham mampu dua kali meraih gelar pemain terbaik. Pada 2015 lalu, dia jua sukses menjadi yang terbaik saat membawa Persib Bandung juarai Piala Presiden.

- Advertisement -

Kala itu, Zulham Zamrun juga didapuk sebagai top skorer Piala Presiden 2015 dengan mencetak enam gol dalam tujuh pertandingan. Nah, uniknya, kali ini Zulham pun menjadi pencetak gol terbanyak. Bersama penyerang Persebaya Surabaya, dia mengemas 10 gol sepanjang turnamen.

Zulham memulai kariernya bersama Persiter Ternate dari 2005 hingga 2007 dengan mengemas 25 gol dalam 62 pertandingan. Setelahnya, dia berpindah-pindah klub, dari mulai Persigo Gorontalo, Pro Duta, Persela Lamongan, Mitra Kukar, Persib, hingga kini PSM.

- Advertisement -

Penampilan terbaiknya kala Zulham membela Mitra Kukar selama empat tahun. Dalam 82 pertandingan, dia mampu melesakkan 38 gol. Aksinya itu, membuatnya mulai mendapat panggilan Timnas Indonesia.

Pemain 31 tahun itu membuat debutnya buat Timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan melawan Arab Saudi, 7 Oktober 2011. Dia masuk sebagai pengganti.

- Advertisement -

Kariernya sempat meredup kala membela Persipura Jayapura. Pelatih Persipura kala itu, Osvaldo Lessa, jarang memberinya jam terbang dan lebih memilih Lancine Kone ketimbang Zulham.

Persib kemudian datang. Bak gayung bersambut, saudara kandung Zulvin Zamrun itu membayar kepercayaan Maung Bandung dengan pembuktian. Penampilan terbaiknya ada pada ajang Piala Presiden dengan mengemas enam gol dari tujuh laga.

https://www.instagram.com/p/9BPSQkrVLz/

Dia sempat tak percaya ketika pembawa acara menyebutnya sebagai pemain terbaik. Beberapa kali, dia sempat menunjuk dirinya sendiri untuk memastikan tak salah dengar.

Selama membela Persib, Zulham tampil dalam 29 kali kesempatan dan mengemas 10 gol. Namun, pada awal musim 2017, Zulham terpaksa dicoret oleh Persib karena terkesan menggantung. Pemain 31 tahun itu sempat singgah di Mitra Kukar dan akhirnya bergabung dengan PSM hingga kini.

Fakta Menarik Zulham:

  1. Zulham dua kali menjadi momok menakutkan buat Persija kala berseragam PSM. Selain mencetak gol pada final, dia pernah menyelamatkan PSM dari kekalahan pada Liga 1 2018. Kala itu golnya menit 77, menggagalkan kemenangan Persija di Stadion Andi Mattalatta.
  2. Zulham sangat mengidolai Cristiano Ronaldo. Maka itu, selebrasi golnya selalu mengikuti gaya bintang Juventus tersebut.
  3. Zulham merupakan putra dari pemandu bakat Ternate, yakni Malik Zamrun.
  4. Total, Zulham sudah memperkuat sembilan klub semenjak membela Persiter Ternate sepanjang kariernya.
  5. Meski sudah memperkuat sembilan tim, tapi dia sama sekali belum pernah memperkuat klub Sumatera.
- Advertisement -

More From Author

- Advertisement -

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img